Ternyata Warna Ingus Berhubungan dengan Kesehatan Tubuh

Share

Tahukah kamu, bahwa manusia biasanya memproduksi sekitar 1,7 liter ingus dalam sehari. Sebagian banyak orang sering tidak memeriksa warna ingus yang mengalir dari hidung. Ini hal penting untuk mengetahui kondisi tubuh.

Transparan

Warna ini menandakan kamu sehat. Jika normal kandungan terbanya ingus adalah air, protein, antibodi, dan larutan garam. Jaringan hidung akan memproduksi terus menerus, sebagian besar mengalir ke dalam kerongkongan dan dicerna lambung.

Putih

Bila hidung tersumbat, jaringan dalam hidung membengkak dan meradang sehingga memperlambat aliran ingus dan membuatnya lebih kental hingga berwarna putih. Bisa jadi hal ini menandakan infeksi hidung atau sakit pilek.

Kuning

Kalau pilek atau infeksi flu bertambah parah, sel kekebalan tubuh yang memerangi infeksi menuju lokasi infeksi mikrobial atau viral dan sel darah putih termasuk diantaranya. Setelah kelelahan, sel menuju saluran ingus dan memberikan nuansa warna kekuningan. Pilek biasanya akan sembuh dalam 10 sampai 14 hari.

Hijau

Warna hijau menunjukan sistem kekebalan tubuh kita sedang melawan penyakit. Ingus kental mengandung sel darah putih yang mati dari sisa-sisa akibat melawan infeksi. Namun, kalau anda masih sakit setelah 12 hari, sebaiknya pergi ke dokter. Ini ciri-ciri Sinusitis sejenis infeksi bakterial. Apabila demam atau merasa pusing, sebaiknya juga segera kunjungi dokter.

Merah

Warna ini mengartikan ingus mengandung darah. Bisa jadi jaringan dalam hidung rusak, penyebabnya karena kering, iritasi, atau terbentur sesuatu.

Cokelat

Mungkin warna ini pertanda sisa sesuatu yang kita hirup, seperti debu kotoran, tembakau atau bubuk paprika atau merupakan sisa darah yang mengering.

Hitam

Jika tidak termasuk pengguna narkoba, ingus berwarna hitam bisa berarti infeksi jamur yang serius. Menurut beberapa penelitian, ingus hitam dimiliki oleh orang yang tinggal di kawasan dengan polusi udara parah.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *