Timun Punya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Share

Setiap orang pasti ingin hidupnya selalu sehat. Kalau kamu ingin hidup lebih sehat, memasukan mentimun dalam daftar menu makanan sehari-hari tidaklah salah. Timun dipercaya punya beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, apa saja itu? coba amati ulasan berikut ini.

Jauh dari Penyakit Kardiovaskular dan Stroke

Dalam kandungannya timun memiliki potassium yang bisa membantu pengurangan tekanan darah. Sebuah hasil studi mejelaskan, peningkatan konsumsi potassium mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular dan menjauhkan resiko terkena serangan stroke.

Kurangi Rasa Sakit

Menurut Journal of Young Pharmacists, timun sebagai ramuan tradisional dapat digunakan untuk obat sakit kepala. biji timun punya efek mendinginkan dan diuretik. Disaji dalam bentuk jus juga bermanfaat sebagai bahan obat jerawat. Kandungan tanin dalam mentimun mampu membatasi pelepasan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit.

Pelindung Otak

Dalam tubuh timun juga mengandung fisetin, substansi anti inflamasi. Fisetin memiliki peran penting dalam melindungi kesehatan otak, hal ini karena kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala penyakit degenarasi sistem saraf yang berhubungan dengan usia dan bisa membantu fungsi kognitif pasien Alzheimer.

Bau Mulut Berkurang

Bakteri dalam mulut biasanya penyebab dari timbulnya bau mulut. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi sayuran berserat dengan kandungan air yang tinggi, seperti timun, karena memiliki kemampuan untuk menambah produksi air liur yang bisa membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

Kurangi Resiko Kanker

Polifenol yang terkandung di dalam timum disebut juga sebagai lignan. Zat punya potensi besar mengurangi resiko kanker tertentu. Timun juga mempunyai unsur aktif tanaman kukurbitasin yang memiliki sifat anti kanker.

Melindungi Tulang

Sebagai sumber vitamin K, dalam 1 cangkir timun mengandung 22% vitamin K porsi harian yang direkomendasikan. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K bisa meningkatkan resiko patah tulang. Vitamin K juga penting dalam meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *