Perhatikan Tanda Seseorang Kekurangan Zat Besi

Share

Zat besi merupakan sebuah zat dalam tubuh manusia yang berhubungan dengan tersedianya jumlah darah yang diperlukan. Dalam tubuh manusia zat besi berfungsi sangat penting, yakni untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi dalam sel. Bila kamu sering merasa lelah atau tidak bisa konsentrasi, bisa jadi itu tanda kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi sering tidak bisa diketahui dengan mudah. Coba amati beberapa hal ini, kemudian cek ke dokter.

Merasa Lelah

Perempuan yang aktif sering mengalami kekurangan zat besi. Tubuh memanfaatkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin, yaitu substansi dalam darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika sel darah merah yang sehat tidak cukup diproduksi tubuh, orang akan merasa lelah.

Susah Fokus

Neurotransmiter adalah senyawa organik endogenus yang membawa sinyal diantara neuron. Kalau kekurangan zat besi, neurotransmiter tidak bisa atau kurang mampu saling berhubungan, sehingga orang yang mengalaminya tidak bisa memfokuskan diri secara maksimal.

Sikap Tak Acuh

Ini juga bisa dikarenakan neurotransmitter yang tidak berfungsi maksimal akibat kekurangan zat besi. Dan yang akan muncul adalah sikap masa bodoh terhadap semua orang, baik keluarga, teman, pekerjaan dan kegemaran.

Gangguan Bernafas

Bukan cuma saat sedang berolahraga, bila kamu kekurangan zat besi, kemungkinan ketika menaiki tangga atau berjalan biasa, akan merasakan gangguan bernafas. Menurut konsultan nutrisi Kimberly Mueller, R. D., saat darah kekurangan zat besi, tubuh juga kekurangan oksigen.

Pucat yang Tidak Normal

Kulit kamu jadi pucat? itu biasanya bukan tanda baik. Salah satu alasan bisa karena kurangnya aliran darah, atau berkurangnya jumlah sel darah merah. Itu juga dampak dari kurangnya zat besi. Demikian pendapat Mueller.

Stamina Menurun

Jika tidak mampu mengayuh atau berlari sejauh seperti beberapa pekan lalu, padahal rajin berolahraga? hasil penelitian Universitas Cornell  menjelaskan kurangnya zat besi bisa menyebabkan stamina tubuh berkurang.

Sakit Otot

Disaat kekurangan zat besi, orang akan merasakan sakit otot lebih parah setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan, zat besi memperkuat kemampuan otot untuk kembali ke kondisi semula. Jika jumlahnya sedikit, itu menyebabkan sakit.

Kuku Mudah Rusak

Kuteks paling mahal serta manikur profesional tidak bisa memperbaiki kesehatan kuku yang tipis dan mudah rusak. Kalau kamu mengalami gangguan pada kuku, itu juga bisa jadi tanda kekurangan zat besi.

Sering Infeksi

Kamu sering sakit? terlebih lagi sering mengalami gangguan atau sakit pernapasan, menurut Mueller mungkin kekurangan zat besi jadi penyebabnya. Untuk tahu lebih jelas, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Urin Merah atau Kemerahan

Jika seseorang makan bit merah, biasanya urin akan berwarna kemerahan. Blaire Morriss dari Vanderbilt Center for Integrative Health memaparkan, kemungkinannya jauh lebih besar lagi, jika orang tersebut kekurangan zat besi.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *