Stroke dan Tanda-Tanda yang Belum Diketahui

Share

Menjaga berat tubuh dan kesehatan, serta menyantap makanan yang sehat bisa membantu kita mencegah serangan stroke. Namun harus diingat, stroke bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, baik orang dewasa atau anak-anak sekalipun. Lebih dari itu, kamu harus menyadari bahwa tanda-tandanya bisa rancu.

Cegukan pada Perempuan

Cegukan atau cikutan bila terjadi berkali-kali tanpa sebab apapun bisa jadi tanda orang tersebut sedang mengalami stroke. Ini hanya ditemukan pada perempuan. Kalau ini terjadi, orang tersebut juga merasa sakit di bagian dada, mati rasa dan limbung. Tapi banyak diantara kita yang tidak memperhatikan gejala ini.

Tiba-Tiba Sangat Lelah

Tubuh kita memerlukan keseimbangan antara air, zat kimia dan hormon. Bila saja keseimbangan terganggu, bisa menyebabkan orang tiba-tiba sangat lelah. Sistem yang mengatur hormon diorganisir otak. Jika stroke terjadi, darah yang mengalir ke bagian otak tertentu sedikit atau tidak ada, kalau itu terjadi orang bisa merasa sangat lelah, tanpa sebab yang logis.

Penglihatan Terganggu di Satu Mata

Otak terbagi menjadi 2 bagian yang mengontrol salah satu sisi tubuh. Apabila stroke terjadi, gangguan penglihatan bisa muncul di salah satu mata, dan segala sesuatu yang kamu lihat tampak dobel. Banyak orang sering menganggapnya efek kelelahan, membaca terlalu banyak, atau nonton TV dan terus menatap komputer. Namun jika hanya satu mata berfungsi, ini bisa jadi tanda dari stroke.

Kelumpuhan Salah Satu Sisi Tubuh

Layaknya gangguan penglihatan, stroke hanya berdampak pada salah satu sisi tubuh saja, tergantung bagian otak mana yang terblokir aliran darahnya. Kelumpuhan atau kelemahan pada lengan atau kaki yang tak hilang dalam beberapa menit bisa menandakan itu serangan stroke.

Limbung dan Bicara Tak Jelas

Disaat salah satu bagian otak terkena stroke, keseimbangan tubuh dan kemampuan bicara juga terganggu. Efek mirip bisa dilihat kalau orang mabuk setelah menenggak minuman beralkohol. Tapi apabila dampaknya tidak hilang setelah 1 jam berlalu, mungkin penyebabnya lebih serius. Kalau salah satu sisi mulut tidak bisa digerakkan, kemungkinan bagian otak yang mengatur syaraf dan otot muka di bagian itu terganggu.

Sulit Berpikir dan Komunikasi

Mengalami stroke berarti bagian otak yang terserang kekurangan oksigen. Hal ini bisa menyebabkan orang tidak mampu memfokuskan pikiran, atau berkonsentrasi. Disaat seseorang kesulitan mencari kata dan menyatakan apa yang ingin dikatakan dan sulit mengerti apa yang orang lain katakan, mungkin orang itu mengalami stroke.

Sakit Kepala Berat atau Migren

Bila stroke disebabkan blokade aliran darah, orang mungkin tidak merasa sakit apapun. Tetapi kalau stroke disebabkan pendarahan di otak, orang mungkin merasakan migren. Apabila migren atau sakit kepala berat muncul tiba-tiba, padahal tidak biasa merasakannya, sebaiknya cepat-cepat ke dokter.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *