Satwa Langka Cuma Hidup di Indonesia Terancam Punah

Share

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam kekayaan flora dan fauna di dalamnya. Sudah seharusnya kita ikut melestarikan kekayaan tersebut agar bisa dinikmati oleh generasi kedepan. Namun faktanya kesadaran untuk menghargai keragaman tersebut belum dilakukan secara maksimal, padahal di bumi Nusantara ini terdapat satwa yang hanya hidup di tempat ini, sekarang keberadaan mereka terancam punah.

Komodo

Satwa langka ini cuma hidup di sejumlah pulau di kawasan Nusa Tenggara. Komodo mampu tumbuh sepanjang 3 meter dan berbobot hingga 70 kg. Dunia barat baru mengenal komodo saat penjanjahan Belanda. Saat itu Letnan Felix van Steijn van Hensbroek memerintahkan pakar zoologi Belanda Peter Ouwen buat mengunjungi pulau “buaya” yang ternyata adalah pulau Komodo.

Merak Hijau

Unggas bermahkota alias merak sebenarnya bisa ditemukan di India dan Sri Langka. Tapi jenis yang hidup di Indonesia diklaim memiliki mahkota lebih indah daripada saudaranya di sebrang samudera. Selain lebih besar dan bisa berbobot hingga 5 Kg, merak hijau Indonesia juga sangat agresif terhadap manusia.

Harimau Sumatera

Saat ini Indonesia masih bisa berbangga dengan Harimau Sumatera, tapi tidak lama. Menurut daftar merah IUCN, saat ini tinggal tersisa hingga 500 ekor di Indonesia. Penelitian baru menyebutkan populasi harimau Sumatera cenderung menyusut. Terlebih saudara sejenisnya, harimau Jawa dan Bali, sudah lama telah menghilang dari muka Bumi.

Badak Jawa dan Sumatera

Dari semua satwa langka yang ada di Indonesia, Badak Sumatera dan Badak Jawa adalah yang paling terancam. Sekaran ini cuma ada 1 ekor badak Jawa yang hidup dalam program konservasi. Tidak ada yang tahu berapa ekor yang hidup di alam liar. Sementara populasi badak Sumatera tidak lebih dari 100 ekor.

Orangutan

1 abad silam populasi Orangutan Kalimantan masih berjumlah lebih dari 250.000 ekor. Kini jumlahnya tidak sampai seperempatnya. Kondisi orangutan di Sumatera jauh lebih mengenaskan. Lantaran penyusutan habitat akibat eksploitasi hutan, jumlah orangutan di barat Indonesia diperkirakan cuma sekitar 7500 ekor.

Monyet Hantu

Satwa bernama ilmiah Tarsius Tarsier cuma hidup di Sulawesi. Primata sejenis juga bisa ditemukan hidup di Filipina, kendati dengan corak yang berbeda. Seperti namanya, monyet hantu hampir tak bisa melihat di siang hari. Sebaliknya pada malam hari satwa pemalu ini mampu melihat dengan tajam. Menurut daftar merah IUCN, populasi monyet hantu berkurang sebanyak 20% dalam 10 tahun terakhir

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *