Sambil Tidur Bisa Bakar Lemak? Benarkah Demikian?

Share

Beberapa riset telah membuktikan, tubuh memiliki kemampuan membakar lemak secara alami. Jadi mengurangi lemak perut saat kita tertidur lelap, bukanlah sekedar dongeng. Namun, supaya hal tersebut bekerja, ketahui dulu langkah-langkah ini untuk mengoptimalkan pembakaran lemak saat kita tidur.

Siapkan Makan Siang

Makanan yang berada di restoran pada umumnya mengandung 2 kali lipat kalori dari yang dibutuhkan tubuh. Kalau ingin menurunkan berat badan hanya dengan asupan kalori harus lebih rendah, sebaiknya kita harus mempersiapkan makan siang sendiri sebelumnya. Satu porsi salad contohnya.

Banyak Minum Air Putih

Bagi tubuh air mineral sangat bermanfaat membersihkan saluran pencernaan dan membantu membuang kelebihan kadar air dalam tubuh. Supaya tidak sering buang air kecil ketika sudah diatas kasur, sebaiknya berhenti minum 1 jam sebelum tidur.

Makan Malam Rendah Sodium

Keri Gans, RD, seorang penulis buku The Small Change Diet menyatakan, jika ingin terhindar dari bangun dengan perut kembung, kurangi garam saat makan malam. Sebagai pengganti terbaik adalah memakan sayuran sehat yang dikukus dan makanan kaya protein tanpa lemak. Kadar garam dalam makanan harus dikurangi sebisa mungkin.

Olahraga Malam

Menurunkan berat badan dengan olahraga malam sudah menjadi rahasia umum. Bila kamu pikir berolahraga sebelum tidur akan membuat susah lelap, itu tidak benar. National Sleep Foundation dalam surveinya yang dilakukan tahun 2013 membuktikan, 56- 67 % dari orang-orang yang berolahraga malam hari, bisa tidur lebih baik.

Tidur Dalam Gelap

Cahaya bisa menghalangi tubuh untuk memproduksi melatonin. Zat itu merupakan antioksidan murni yang juga membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang baik bermanfaat meningkatkan metabolisme, sehingga makanan dapat lebih mudah dicerna dan kita tidak cepat lapar. Bukan hanya itu, tidur yang baik akan mengurangi nafsu ngemil yang bisa bikin cepat gemuk.

Turunkan Suhu Kamar

Menurut National Institute of Health gagasan membakar lebih banyak kalori saat tidur bukanlah hanya dongeng belaka. Sebab orang yang tidur dalam ruangan dengan temperatur 18 derajat Celsius kehilangan 7 kalori lebih banyak dari yang tidur di suhu sekitar 23 derajat Celsius.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *