10 Negara dengan Tingkat Melek Huruf Tertinggi

Share

Jika dibandingkan dengan negara lain, budaya membaca di Indonesia masih tertinggal. Indonesia tidak masuk dalam 10 besar negara yang selama ini lebih maju dalam soal melek huruf. Sejumlah penelitian beberapa lembaga menempatkan tingkat literasi Indonesia sangat tertinggal jauh, bahkan di tingkat Asia Tenggara. Lalu negara mana saja yang tingkat melek hurufnya tertinggi di dunia?

Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara paling melek huruf di dunia. Negara Skandinavia ini unggul dalam sistem pendidikan selama bertahun-tahun. 9 tahun pendidikan disana wajib bagi anak-anak usia 7-16 tahun, dengan tidak ada biaya kuliah dan makanan karena sepenuhnya disubsidi. Tingkat melek huruf di Finlandia adalah 100%.

Norwegia

Negara ini berinvestasi dengan tingkat pajak tinggi untuk sistem pendidikannya. Norwegia memiliki sekitar 841 perpustakaan. Sistem sekolah disana terbagi menjadi 3 tingkatan yaitu primer, sekunder dan menengah atas. Pendidikan anak usia 6-16 tahun adalah wajib.

Islandia

Republik Islandia adalah negara pulau dengan angka melek huruf 99,9%. Sistem pendidikan Islandia dibagi menjadi 4 tingkat sebagai playschool, wajib, atas menengah dan tinggi. Pendidikan dari usia 6-16 tahun adalah wajib. Sebagian besar sekolah didanai pemerintah. Angka partisipasi pendidikan di Islandia adalah 82,23%.

Denmark

Pemerintah Denmark memiliki salah satu sistem ekonomi paling kuat di dunia. Tingkat melek huruf negara ini sebesar 99%, Denmark menjadi salah satu negara terdidik di dunia. Pemerintah Denmark menghabiskan sejumlah besar dari PDB mereka untuk pendidikan.

Swedia

Swedia menerapkan pendidikan gratis dan wajib secara teratur untuk anak-anak pada usia 7 sampai 16 tahun. Indeks pendidikan Swedia adalah 99%. Ada 53 perguruan tinggi negeri dan 290 perpustakaan umum di negeri Skandinavia itu.

Kanada

Meski bukan negara terbesar, Kanada adalah salah satu negara terkaya di dunia. Tingkat melek huruf warganya sekitar 99%. Sistem pendidikan negara ini memiliki 3 tingkat yang digambarkan mirip dengan sistem sekolah Belanda. Sebanyak 310.000 guru mengajar pada tingkat dasar serta menengah dan sekitar 40.000 dosen di perguruan tinggi. Selain itu ada 98 sekolah dan 637 perpustakaan di negeri tersebut.

Prancis

Sebagai salah satu negara paling indah di Eropa, dengan indeks pendidikan 99%, menunjukkan bahwa Prancis adalah salah satu negara berpendidikan tinggi di dunia. Sistem pendidikan negeri Menara Eiffel ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu utama, menengah dan sekunder.

Austria

Sekitar 98% warga Austria dapat membaca dan menulis. Itulah sebabnya Austria salah satu negara paling maju di dunia. 9 tahun pendidikan gratis dan wajib disediakan untuk anak-anak. Austria memiliki 23 universitas negeri terkenal dan 11 perguruan tinggi swasta berkualitas.

Selandia Baru

Negara ini bukan hanya salah satu negara terkaya di dunia, tetapi juga salah satu negara paling melek huruf di dunia. Sistem pendidikan di Negeri Kiwi ini diklasifikasikan dalam 3 tingkat yakni studi dasar, studi sekunder dan studi lebih tinggi. Tingkat melek huruf di Selandia Baru adalah 93%.

Belanda

Belanda adalah salah satu negara terdidik di dunia dengan angka melek huruf 72%. Beberapa universitas paling terkenal berada di negeri kincir angin tersebut. Dari usia 5 tahun, pendidikan adalah wajib bagi anak-anak. Di negara Belanda ada sekitar 579 perpustakaan umum dan sekitar 1.700 perguruan tinggi.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *