Mudahnya Merawat Sweater Agar Awet Muda

Share

Sumber: Istimewa

Saat musim dingin atau hujan datang, tidak ada salahnya kina memakai sweater rajut untuk mempercantik penampilan ke kantor atau sekedar jalan ke mall dengan teman-teman. Seringkali, sweater jarang dilirik karena perawatannya yang sedikit susah, akhirnya sweater-sweater lama hanya tersimpan rapi dilemari. Menurut info dari Realsimple beberapa minggu lau, ada beberapa tips menjaga sweater agar tetap terlihat seperti baru.

Kejelian

Diwaktu membeli swaeter, sebelumnya pastikan memeriksa benang hasil rajutannya masih utuh, rapi dan tidak longgar. Terutama pada sweater berbahan wol dan khasmir.

Sebelum Mencuci

Disaat ingin mencuci, hal pertama yang dilakukan adalah memeriksa label perawatan. Itu akan memberitahu kalian apakah sweater tersebut aman untuk dicuci menggunakan mesin cuci atau hanya cukup mencuci dengan tangan, mungkin juga memakai dry cleaning. Kalau bisa dicuci menggunakan mesin cuci, maka ada baiknya melewatkan siklus putaran yang cepat. Karena gerakan kasar pada mesin cuci dapat merenggangkan rajutan dan merusak bentuk pakaian.

Pada Saat Mencuci

Jangan lupakan pelembut pakaian pada saat mencuci, supaya kelembutan pada sweater tetap terjaga. Pelembut juga dapat membantu menjaga serat rajutan tidak pudar. Dan ingatlah untuk memisahkan sweater dari pakaian-pakaian lain pada saat mencuci agar seratnya tidak rusak.

Pengeringan

Jika label perawatan menunjukan pakaian kalian aman untuk dikeringkan dalam mesin cuci, ada baiknya untuk melewati langkah ini. Sabaliknya, sweater cukup dikeringkan pada udara yang kering dengan menggunakan handuk, demi menghindari penyusutan pada kain. Jangan menggantung sweater pada jemuran karena akan dapat merenggangkan rajutan, terutama pada saat serat basah dan mengandung air. Pastikan juga tidak menggantung pakaian rajut dalam lemari karena dapat meregangkan serat yang ada.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *