Ide Kreatif Menyulap Mobil Menjadi Rumah Berjalan

Share

Ide rumah kompak atau rumah mungil sedang marak sekarang ini. Konsep tersebut mewujudkan rumah berukuran kecil tapi cukup untuk ditinggali sehari-hari. Seorang fotografer asal Hungaria, Norbert Juhasz, membawa ide tersebut ke tingkat yang lebih ekstrem.

Harga tanah di Indonesia bahkan di berbagai negara lainnya seiring waktu terus mengalami kenaikan. Terlebih hanya dalam kurun waktu beberapa tahun harga tanah naik dengan pesat. Hal ini mempengaruhi harga rumah yang semakin mahal dan tak terjangkau.

Awal Mula Ide

Disaat dalam kondisi terdesak biasanya ada saja ide yang bermunculan di kepala. Seperti yang dialami seorang Norbert Juhasz. Ia berhasil memodifikasi sebuah mobil van berusia 16 tahun menjadi sebuah hunian jangka panjang. Rumah mungil tersebut rencananya akan ditempati bersama tunangannya bernama Dora. Didukung motivasi dan keinginan memiliki hunian yang tidak terlalu banyak menghabiskan dana, Juhasz akhirnya mulai merancang susunan interior layaknya sebuah rumah tetapi diaplikasikan dalam sebuah mobil van.

Mobil Van Multiguna

Seorang fotografer tersebut menjatuhkan pilihan membuat hunian di dalam van yang mengedepankan konsep multiguna. Furnitur-furnitur di dalam mobil ini menggunakan bahan yang terbuat dari MDF atau kayu olahan dari serpih-serpih kayu yang memiliki fungsi ganda.

Contohnya, sofa yang didesain dapat berlih fungsi menjadi tempat tidur. Bukan hanya itu, van ini juga diisi berbagai perlengkapan layaknya sebuah rumah. Bahkan, van ini tersedia dapur dengan gas, kulkas, tempat panci sampai piring-piringnya.

Energi yang digunakan untuk mendukung kinerja mobil serba guna ini memanfaatkan tenaga surya dan menggunakan sejumlah peralatan canggih sehingga mampu menghasilkan sedikitnya 250 watt listrik. Sebagai energi cadangan, dia juga menyematkan sebuah mesin generator. Untuk mendukung komunikasi mobil rumah itu menggunakan sebuah soket untuk menghubungkan jaringan komputer dan internet.

 

Source: rumah.com

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *