Beberapa Langkah Mudah untuk Tingkatkan Daya Ingat

Share

Baik dia berusia lanjut atau justru sebaliknya, masalah ingatan tidak bisa dipisahkan. Menjaga daya ingat sangatlah penting, terutama di usia muda. Tidak sulit untuk melakukannya, tapi harus dilakukan secara rutin.

Olahraga

Melatih raga sama dengan melatih pikiran, dengan berolahraga darah akan mengalir baik, dan ini menambah oksigen yang mengalir ke otak. Olahraga juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit diabetes dan gangguan jatung yang bisa kurangi kekuatan daya ingat.

Tidur Cukup

Istirahat juga penting selain bergerak. Untuk memastikan otak berada dalam keadaan baik setiap hari, tidur cukup sangat diperlukan. Usahakan tidur 7 sampai 9 jam tiap malam, supaya hasilnya maksimal.

Rutin Stimulasi Otak

Rutin menstimulasi kemampuan berpikir saat menjelang lanjut usia penting untuk mengurangi risiko demensia. Memiliki hubungan sosial, berinteraksi dengan orang lain, belajar kemampuan baru, bermain game yang menstimulasi otak seperti Sudoku bisa menjaga kesehatan otak.

Makanan Yang Sehat

Secara signifikan sejumlah makanan membantu mencegah hilangnya ingatan. Makan buah dan sayuran sebuah keharusan. Pada dasarnya makanan yang mengandung antioksidan akan membantu menjaga sel-sel otak. Selain itu, makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan salmon dan minyak zaitun baik untuk otak.

Gunakan Tangan Saat Menulis

Menulis dengan tangan akan memudahkan kita mengingat hal yang ditulis. Hal ini berdampak pada aliran darah yang penuh oksigen ke areal otak yang bertanggungjawab untuk ingatan dan melatih bagian itu. Cobalah menulis buku harian, mengirim e-mail untuk diri sendiri, menulis blog dan lainnya. Aktivitas tersebut meningkatkan kemampuan mengingat informasi.

Mendengarkan Musik

Sebuah riset menunjukan, tipe musik tertentu bermanfaat menjaga daya ingat. Informasi yang dipelajari saat mendengarkan lagu bisa kembali diingat dengan mendengarkan lagu itu kembali. Lagu dan musik juga bisa menjadi petunjuk bila mencari ingatan tertentu.

Tertawa

Pepatah pernah mengatakan tertawa adalah obat terbaik, bukan hanya berlaku untuk tubuh, melainkan juga dengan otak dan memori. Jika reaksi emosional hanya berkaitant dengan bagian tertentu dalam otak, tertawa berefek pada sejumlah areal di seluruh otak.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *