Usir Nyamuk? Tanaman Rumput Manis Solusinya

Share

Jangan heran, untuk mengusir serangga khususnya nyamuk penduduk Amerika Utara sudah sejak lama menggunakan wangi dari rumput manis atau istilah ilmiahnya Hierochloe Odorata. Bagaimana mungkin? tentu hal ini belum diketahui banyak orang. Rumput manis mengandung senyawa yang tidak disukai oleh serangga khususnya nyamuk, minyak yang terdapat dalam tanaman ini kerap digunakan sebagai obat tradisional.

Charles Cantrell dengan sejumlah tim ilmuwan dari Universiy of Guelph dan University of Mississipi melakukan studi untuk menyelidiki apa saja senyawa tersebut. Dengan mengasumsikan bahwa tanaman rumput manis mirip dengan tanaman lavender yang bisa mengeluarkan senyawa khusus pada suhu tertentu, mereka kemudian melakukan ekstraksi melalui proses distilasi uap.

Proses tersebut diawali dengan pemanasan tanaman menggunakan uap panas, selanjutnya menurunkan suhunya untuk mendapatkan cairan hasil kondensasi. Cairan hasil kondensasi kemudian dipisahkan menjadi minyak dan cairan yang diuji kebenarannya untuk mengusir nyamuk.

Hasilnya, ekstrak minyak H. Odorata yang didapat dari proses kondensasi bisa mengusir nyamuk lebih banyak, hal ini mirip dengan potensi larutan etanol, DEET, yang juga kerap digunakan sebagai larutan anti nyamuk. Dari hasil penelitian itu, Cantrell berhasil mengungkap ternyata ekstrak minyak tanaman H. Odorata mengandung senyawa phytol dan kumarin, senyawa yang paling dibenci oleh serangga khususnya nyamuk.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *