Touchscreen Andriod Bermasalah? Atasi Dengan Ini

Share

Touchscreen-Bermasalah

Smartphone Andriod merupakan sebuah perangkat yang paling banyak kita lihat sekarang ini. Betapa tidak, sebagian besar dari pengguna smartphone pasti menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android. Hal ini mungkin disebabkan oleh mudahnya mengoperasikan smartphone Android dan tersedianya beragam ponsel Android murah.

Sebagian besar smartphone Android sudah menggunakan layar sentuh atau touchscreen. Meski hampir semua pengguna sudah tidak bingung lagi menggunakan smartphone touchscreen, tapi bukan berarti masalah selesai sampai disana. Smartphone Android juga tidak lepas dari beragam masalah. Salah satunya adalah masalah touchscreen.

Disaat ada masalah pada touchscreen Android, jangan panik. Belum tentu itu bermasalah pada hardware-nya. Cara mengatasi masalah touchscreen Android yang pertama, periksalah penggunaan RAM di Android. Bila layar sentuh tidak responsif, mungkin antarmuka yang digunakan itu lag. Karena, Android merupakan salah satu platform yang cukup memakan ruang pada RAM.

Jika RAM tidak terlalu besar, maka periksa aplikasi yang dimiliki. Bila melihat aplikasi-aplikasi sudah memenuhi ruang pada RAM, maka segera hapus aplikasi yang tidak digunakan. Pasalnya, hal ini bisa menjadi penyebab touchscreen Android bermasalah.

Cara mengatasi masalah layar sentuh pada smartphone yang kedua adalah mengaktifkan Force GPU Rendering. Sebab salah satu alasan layar sentuh bermasalah adalah smartphone mungkin memiliki masalah pada sektor transisisinya yang buruk. Oleh karena itu, wajib mencoba cara mengatasi touchscreen satu ini. Dengan mengaktifkan fitur ini, elemen antarmuka akan jauh lebih ringan daripada sebelumnya.

Solusi yang tepat untuk mengetahui cara mengatasi masalah touchscreen adalah dengan kalibrasi layar smartphone Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Touchscreen Calibration. Cara mengatasi layar sentuh yang rusak ini bisa diandalkan untuk memeriksa touchscreen sebelum membawanya ke service center. Selain itu, dengan menggunakan cara ini bisa mengoreksi warna perangkat Android juga.

Ketika menghadapi masalah pada layar sentuh di Android saat mengisi ulang smarpthone, itu bukan masalah pada sistem atau bahkan hardware. Masalah tersebut datang dari charger yang digunakan untuk mengisi ulang smartphone Android.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *