Sering Meluruskan Rambut? Jangan Lakukan Ini

Share

Meluruskan-Rambut

Meluruskan atau menata rambut terlihat tampil beda terkadang membutuhkan beberapa alat yang panas. Menggunakan catokan memang bisa dijadikan salah satu alternatif untuk meluruskan atau membuat rambut bergelombang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan catokan atau hairdryer untuk menghindari kerusakan seperti rambut bercabang. Seperti dikutip dari Popsugar, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan perempuan ketika menata rambut dengan alat-alat yang panas.

1. Jangan Menggunakan Serum

Langkah yang paling penting adalah memberikan perlindungan untuk rambut Anda sebelum terkena catokan panas. Jika Anda tidak menggunakan serum atau vitamin rambut sebelum menggunakan catokan, akan menyebabkan rambut kering dan rapuh.

2. Hindari Temperatur Terlalu Tinggi

Kalau kamu berpikir dengan temperatur yang tinggi akan membuat rambut cepat lurus, itu sebuah kekeliruan. Pengaturan temperatur tinggi hanya diperuntukkan bagi rambut tebal atau kasar yang masih basah. Aturlah temperatur yang sedang, tidak terlalu tinggi dan juga terlalu rendah agar lebih efektif. Dengan begitu, menggunakan catokan tidak akan membuat rambut kamu kering. Selain itu, jangan biarkan catokan terlalu lama pada satu titik tertentu.

3. Kenali Waktu yang Tepat

Percaya atau tidak ada waktu yang tepat untuk menggunakan haidryer. Mengeringkan rambut disaat rambut masih sangat basah tidak baik bagi kulit kepala kamu. Sedangkan menggunakan hairdryer ketika rambut terlalu kering dapat menghilangkan kelembapan rambut. Untuk mencegah kerusakan dan dehidrasi pada rambut, sebaiknya gunakan pada saat rambut kamu dalam keadaan setengah kering.

4. Arah yang Salah

Salah arah saat menggunakan hairdryer dapat mengakibatkan kerusakan dan justru membuat rambut kamu jadi keriting. Tahan hairdryer kamu lalu arahkan mulai dari atas ke bawah atau ujung rambut. Usahakan hairdryer tetap satu arah. Ini akan membantu rambut kamu terurai dengan lembut dan indah.

5. Menyemprotkan Hair Spray Sebelum Menata Rambut

Kesalahan ini banyak dilakukan oleh beberapa perempuan. Menyemprotkan hairspray saat sebelum menata rambut, justru akan membuat rambut terlihat kaku pada hasil akhir. Perlu diketahui, alkohol yang terdapat pada hairspray yang disemprotkan pada rambut kamu akan menyebabkan kerusakan parah ketika bersentuhan dengan catokan panas. Sebaiknya, kalau kamu menyemprotkan hairspray sesudah menggunakan catokan panas, hal ini untuk menghindari kerusakan dan pasti kamu juga lebih mudah untuk menata kembali rambut.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *