Sensasi Baru Kopi Rasa Teh Khas Sumatera Barat

Share

Kopi-Rasa-Teh

Menikmati minuman khas lokal seperti sudah menjadi kewajiban saat berlibur ke suatu daerah. Apalagi Indonesia terkenal kaya dengan berbagai rasa, baik untuk minuman maupun makanan. Contoh saja kopi, tentu setiap varian kopi punya cita rasa khasnya. Tapi, pernahkah kamu mencoba kopi dengan rasa yang mirip sekali seperti teh?

Jika penasaran, kamu bisa merasakan sensasi ini di Tanah Datar, Sumatera Barat. Cobalah paduan rasa teh pada Kopi Kawa Daun. Kopi ini menjadi unik karena dalam pengolahannya tidak menggunakan biji kopi, melainkan daun kopi. Daun kopi yang sudah dipetik, diasapi terlebih dulu hingga kering. Setelah itu dengan menggunakan tabung bambu, daun kopi dimasukkan dengan air panas. Lalu diberikan gula dan jadilah Kopi Kawa Daun.

Keunikan dari kopi ini adalah disajikan dalam batok kelapa. Bila berkunjung ke Tanah Datar, kamu bisa merasakan sensasi menikmati kopi khas Sumatera Barat ini. Rasa kopinya memang mirip sekali seperti teh dengan aroma kopi yang khas.

Menurut beberapa cerita, asal mula kopi ini adalah saat penjajahan dimana warga minang saat itu tidak bisa mencicipi sendiri biji kopi yang mereka tanam lantaran semuanya diekspor ke Eropa. Karena itu, sebagai alternatifnya masyarakat mengolah daun kopi agar mereka bisa tetap menikmati kopi dari tanah mereka. Sekarang ini, Kopi Kawa Daun telah dikemas dengan kemasan mirip teh celup. Kopi ini sudah dijual bebas dan bisa kamu beli secara online.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *