Selamatkan Ginjal Kalian Dengan Langkah Ini

Share

langkah-selamatkan-ginjal

Kita semua tentu sudah mengetahui, ginjal berfungsi menyaring zat beracun dari darah, mengontrol kadar air dalam tubuh dan membantu pembentukan hormon. Bila ginjal tidak berfungsi normal lagi, ginjal akan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui langkah untuk menyelamatkan ginjal.

Olahraga penting untuk menjaga tekanan darah pada level normal dan mencegah penyakit Diabetes melitus. Penyakit tersebut adalah penyebab terbesar gagal ginjal kronis. Menurut statistik, 30% pasien cuci darah menderita Diabetes. Jadi, menjaga tubuh tetap aktif dan kebugaran tubuh sangat mempengaruhi keselamatan ginjal.

Perhatikan pula kadar gula darah, usahakan agar gula darah berada dalam level yang stabil. Karena diabetes merusak pembuluh. Ginjal terdiri dari ribuan pembuluh yang memastikan zat beracun dikeluarkan dari tubuh. Fungsi ginjal akan berkurang drastis ketika pembuluh mulai mengalami kerusakan.

Jangan lupa untuk ukur tekanan darah anda secara rutin. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab terbesar kegagalan ginjal. Jika pembuluh darah mendapat tekanan tinggi dalam waktu lama, ginjal akan mengalami kerusakan. Jadi untuk mempertahankan kesehatan ginjal, tekanan darah yang optimal berkisar dibawah 140/90 mm Hg.

Makan makanan yang sehat dengan buah-buahan, sayur dan serat pangan. Hal ini bisa mencegah kegemukan dan kerusakan ginjal. Penyakit kegemukan biasanya dibarengi dengan tekanan darah tinggi dan Diabetes. Salah satu yang paling penting adalah mengurangi konsumsi garam demi menghindari tekanan darah tinggi.

Jaga kecukupan minum setiap harinya. Cairan berupa air mineral dibutuhkan agar ginjal bisa menyaring zat beracun dari tubuh manusia. Jumlah idealnya adalah 1,5 hingga 2 liter per hari. Bila terlalu banyak, konsumsi air justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Jumlah tersebut dianjurkan untuk manusia dengan ginjal yang sehat. Namun, pasien cuci darah sebaliknya harus mengurangi konsumsi air mineral.

Ginjal manusia bereaksi sensitif terhadap konsumsi berlebihan obat-obatan penahan rasa sakit. Pada ginjal yang pernah bermasalah, konsumsi pain killer dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Jika pernah mengalami sakit ginjal, usahakan mengkonsumsi obat penahan sakit yang ramah pada ginjal.

Periksalah ginjal secara rutin, terutama jika memiliki risiko terkena gagal ginjal. Seperti misalnya berusia diatas 60 tahun, menderita Diabetes, tekanan darah tinggi atau kegemukan. Ingat, bila salah seorang anggota keluarga terdekat pernah menderita kerusakan ginjal, melalui tes urin dan darah, dokter dapat mendeteksi pelemahan fungsi ginjal sejak dini.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *