Sekolah Di Negara Ini Punya Konsep Luar Biasa

Share

Dunia pendidikan beberapa waktu lalu kembali menjadi sorotan karena wacana yang dilontarkan menteri barunya. Bagi para siswa, sekolah sejauh ini belum menjadi tempat yang menyenangkan. Jadi wajar disaat wacana Full Day School mencuat membuat banyak masyarakat menolaknya dengan keras. Namun cobalah simak beberapa sekolah dengan konsep pendidikan dan bangunan gedung sekolah yang tidak biasa dari berbagai negara ini. Mungkin kamu akan berpikir lagi, bahwa Full Day School merupakan gagasan yang tak perlu.

Copenhagen, Denmark.

Sekolah ini memiliki murid sekitar 1.100 siswa, dengan desain kelas yang tidak biasa. Kelas-kelas tersebut dinamai Gymnasium. Terdapat tempat duduk yang nyaman baik di dalam maupun di atasnya. Sekolah dengan model seperti ini, banyak siswa dapat berpikir terbuka, kreatif dan fleksibel.

Australia.

Sekolah ini didesain semenarik mungkin dan mengadopsi metode pembelajaran kuno. Para siswa diberikan kebebasan dalam merancang rencana belajarnya sendiri dan orangtua serta guru hanya akan menjadi pendamping belajarnya. Sekolah ini juga memberikan hak kepada siswa untuk menyampaikan saran mengenai ide mereka agar sekolah terasa nyaman.

Rhode Island, Amerika Serikat.

Siswa akan belajar apa saja yang benar-benar mereka sukai, sudah bisa dirasakan para murid sejak mulai masuk sekolah. Hal tersebut membuat para siswa mengerti dan menemukan passionnya yang akan berguna dimasa depan. Pada setiap kelas, terdapat guru ahli dibidangnya masing-masing dan guru-guru tersebut siap mendampingi siswa yang ingin belajar diruang dan laboratoriumnya.

Ohio, Amerika.

Sekitar 300 kubik dengan komputer dalam gedung, sekolah ini tidak memiliki ruang kelas. Disana, setiap siswa belajar dengan sendirinya menggunakan komputer yang telah diprogram. Para guru hanya akan memantau dan membantu bila siswa menemukan kesulitan.

San Fransisco, California.

Bukan hanya membebaskan siswa memilih bidang yang disukai, sekolah ini membuat para siswa dengan mudah mempraktikkan semua kesukaan mereka, tentu didukung peralatan-peralatanyang dibutuhkan. Selain itu, sekolah ini juga melakukan pengawasan yang ketat, mengingat banyak terdapat peralatan yang berbahaya. Tapi inilah salah satu cara untuk melatih keterampilan mereka dengan passionnya.

Stockholm, Sweden.

The Brightest, selain bangunan didesain dengan unik dan penuh warna, sekolah ini memiliki bilik-bilik belajar dan bermain yang bisa digunakan oleh siswa. Suasana kelas dan pelajaran dibuat sangat menyenangkan, setiap minggu dibentuk grup-grup kecil dan siswa diberikan proyek sederhana agar mereka keluar dan belajar.

Amsterdam, Belanda.

Steve Jobs School, benar-benar memperlakukan semua siswa dengan sama. Tidak ada yang dispesialkan, tidak ada kata bodoh atau pintar di sekolah ini. Para siswa dibebaskan untuk merancang rencana belajar dan pencapaian mereka dengan cara sendiri, sesuai keahlian dan ketertarikan masing-masing. Semua rencana siswa, akan selalu dievaluasi setiap minggu oleh siswa, orangtua, guru dan pelatih bidang terkait.

Espoo, Finlandia.

Finlandia diakui sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik, bukan rahasia lagi, konsep pendidikan disana mengadopsi ide Ki Hajdar Dewantara. Sekolah di negara ini, semuanya memberikan kebebasan mutlak kepada para siswa. Mereka melakukan kegiatan apa saja yang mereka mau. Mereka bisa berloncat-loncat di kursi bahkan tiduran di sofa jika siswa merasa lelah. Atmosfer sekolah dibuat sangat menyenangkan dan santai. Tapi, demi menunjang keinginan siswa, perpustakaan, tempat olahraga, tempat bermain dan laboratorium dibuat dengan baik dan lengkap.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *