Prinsip Hidup Orang Tionghoa Bisa Bikin Sukses

Share

Prinsip-Tionghoa

Kita semua sudah tahu, banyak pengusaha sukses Indonesia adalah keturunan Tionghoa. Dari bisnis di bidang teknologi hingga fashion. Kegigihan mereka dalam berbisnis memang patut diacungi jempol. Penasaran tentang rahasia sukses mengelola keuangan ala orang Tionghoa? Kenapa mereka bisa konsisten mengelola usaha hingga jadi orang kaya? Ternyata mereka punya prinsip seperti ini:

Bekerja Keras

Bekerja bagi orang Tionghoa adalah bagian dari pedoman hidup. Bekerja merupakan salah satu cara mereka untuk membuktikan pada dunia tentang keberadaan diri mereka. Dengan bekerja, bukan hanya mendapat penghasilan yang bisa digunakan untuk diri sendiri, tapi juga untuk membantu keluarga, kerabat, dan orang lain. Selain itu, etos kerja yang baik membuat mereka lebih mudah menjadi sukses. Mereka tidak ragu mengerahkan segenap potensi yang dimiliki ketika bekerja, hingga hasilnya tidak pernah mengecewakan.

Menabung

Orang Tionghoa setidaknya menyisihkan 70% dari penghasilan mereka untuk ditabung. Sikap yang bagus untuk ditiru. Sebagai contoh, simpanlah uang secara khusus ditabungan rencana atau deposito. Karena sistem menabung deposito ini baru bisa diambil dalam jangka waktu tertentu, kamu tidak akan bisa membobol tabunganmu kapan saja, terkecuali dalam keadaan darurat.

Hindari Hutang

Mereka punya prinsip untuk menghindari hutang, sehingga membeli segala sesuatu diusahakan dengan uang tunai. Ketika mereka ingin membeli gadget terbaru, tapi uang belum mencukupi, mereka lebih memilih untuk menunda sampai uang mencukupi daripada mencari pinjaman (hutang).

Kerja Sambilan

Karena etos kerja yang baik, orang Tionghoa tidak malas untuk kerja sambilan. Tak sedikit dari mereka yang merangkap sebagai karyawan sekaligus juga pebisnis. Peluang untuk mencari uang tambahan, tidak pernah mereka sia-siakan.

Menawar Harga

Perhatikan di pasar-pasar pecinan, menawar sudah menjadi kebiasaan lumrah. Menawar tidak hanya jadi jalan untuk mendapatkan harga yang terjangkau, tapi tujuannya adalah tercipta kesepakatan yang adil, menguntungkan kedua belah pihak, baik pembeli dan penjualnya.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *