Perempuan Ini Menjadi Mahasiswa Termuda di UGM

Share

perempuan-termuda-mahasiswa-ugm

Perempuan berusia 15 tahun ini bernama Nida Aqidatu, merupakan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) termuda. Nida lolos di Program Studi D3 Rekam Medis Sekolah Vokasi melalui jalur ujian tulis dari 8.745 mahasiswa UGM, perempuan kelahiran 16 Juli 2001 tersebut menjadi yang termuda pada angkatan tahun 2016 ini.

“Saya juga nggak tahu kalau saya yang termuda, baru tadi saya dikasih tahu,” ujar Nida, disela-sela acara pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM di Lapangan Graha Sabha Pramana UGM, seperti dikuti dari merdeka.com.

Awalnya gadis asal Purwokerto ini mendaftar di Fakultas Kedokteran melalui jalur SBMPTN. Namun, ia tidak lolos, kemudian barulah mendaftar di Sekolah Vokasi dengan mengambil program studi rekam medis. Dia menceritakan, bisa masuk kuliah di usia 15 tahun lantaran tiga kali mengikuti program akselerasi saat sekolah. Sehingga dapat lebih cepat dibanding teman-temannya yang mengikuti program regular.

“Dari SD saya sudah ikut akselerasi, jadi waktunya cuma 5 tahun, lalu SMP akselerasi jadi 2 tahun, dan waktu SMA juga sama, cuma 2 tahun,” Ungkapnya.

Menurut Nida, tantangan ketika akselerasi adalah mesti mengejar mata pelajaran dan bersosialisasi dengan teman-teman yang berbeda. Tapi, ia mengaku tidak menemui kesulitan yang berarti saat menjalani semua itu. Nida juga menceritakan, walaupun usianya sangat muda akan tetapi sejak sekolah sudah terbiasa hidup mandiri. Sejak kelas 5 SD, anak pertama dari Suryatno dan Yuliatin ini sudah tinggal di kos. Sebab letak sekolah cukup jauh dari rumahnya.

Perempauan 15 tahun ini menjelaskan, pengalaman tersebut akan membantu menyesuaikan diri dengan dunia perkuliahan. Dia berharap dapat menjalani studinya dengan baik, bersosialisasi serta menyelesaikan studi dengan cepat. “Kuliah ini juga harapannya bisa lancar dan lulus cepat. Saya ingin membuktikan bahwa jiwa muda juga bisa menjadi seseorang yang hebat,” ucap Nida.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *