Peran Penting Orang Tua Agar Anak Tidak Obesitas

Share

Anak-Obesitas

Para ahli mengungkapkan, orang tua harus memainkan peran yang lebih besar dengan tetap mempromosikan makanan sehat di rumah. Seperti dikutip dari The National “Ada perlu lebih banyak keterlibatan orang tua karena siswa hanya menghabiskan sekitar sepertiga dari waktu mereka di sekolah,” ucap asisten profesor nutrisi di Universitas Zayed, Dr. Dalia Haroun.

Sebab, jika kebiasaan diet siswa tidak berubah di rumah, maka sekolah tidak bisa melakukan apa-apa. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Arab Journal of Nutrition and Exercise, Dr. Haroun menemukan, sekitar sepertiga dari siswa sekolah umum di Dubai yang berusia 12-16 tahun, mengonsumsi minuman ringan setiap hari.

Sementara 60% dari responden menonton TV selama dua jam atau lebih setiap hari. Dari 1.022 siswa yang diteliti, 17 sekolah pemerintah di Dubai, 37% dari responden mengatakan mereka berolahraga setiap hari. “Ini adalah penyebab keprihatinan karena obesitas meningkat di UAE,” ujar Archana Baju, ahli gizi klinis Rumah Sakit Burjeel.

Studi telah menunjukkan sekitar 40% dari orang-orang muda negara tersebut kelebihan berat badan. Jumlah siswa yang kelebihan berat badan dan obesitas di UAE telah meningkat dua kali lipat antara tahun 2005 dan 2010, UEA telah mengambil langkah-langkah menuju menghentikan atau membalikkan tren ini.

Pada tahun 2011, UAE melarang penjualan junk food dan minuman bersoda di kantin sekolah umum serta pembelian minuman energi oleh anak-anak yang berumur kurang dari 18 tahun. UAE juga memperkenalkan pendidikan kesehatan dan advokasi di ruang kelas. Dr. Deepti Chaturvedi, spesialis pediatri, menyatakan orang tua harus lebih terdidik dan mengetahui tentang nutrisi dan aktivitas fisik.

“Ini lebih tentang mengetahui bagaimana membuat pilihan yang tepat dan menawarkan pilihan yang tepat untuk anak-anak. Semuanya dimulai dari rumah untuk anak-anak. Pendidik terbaik untuk anak-anak adalah orang tua mereka,” Chaturvedi menjelaskan.

Save

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *