Penyebab Smartphone Android Jadi Lemot

Share

Android-Lemot

Tak bisa dipungkiri, sudah banyak orang nyaman menggunakan smartphone karena memang smartphone didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Mengabadikan foto dengan tersedianya kamera. Mengisi waktu luang dengan nonton video atau bermain game. Bukan cuma sekedar untuk chatting dan update status di sosial media. Banyaknya fungsi tersebut, terkadang  pengguna smartphone megeluhkan smartphone-nya jadi lemot. Apa penyebabnya?

Penggunaan Diluar Batas

Sama halnya dengan manusia, smartphone juga memiliki batas kemampuan dalam bekerja. Pengoperasian suatu program secara berlebihan dan melewati batas spesifikasi smartphone tentu akan membuat smartphone menjadi lemot. Semisal, smartphone kamu memiliki RAM sebesar 1GB, digunakan untuk menjalankan game yang memiliki spesifikasi minimal RAM 1GB. Jelas akan menjadi lemot karena semua memori digunakan untuk menjalankan satu program, padahal masih banyak program lain yang butuh ruang kosong memori.

Penumpukan Cache

Pada dasarnya cache dalam smartphone ini berguna untuk mempercepat proses jalannya aplikasi di kemudian hari. Tapi jika dibiarkan menumpuk selama berhari-hari tanpa dibersihkan, jelas akan membebani memori smartphone kamu. Biasakan clear cache secara berkala lewat menu pengaturan untuk memberikan ruang kosong pada memori smartphone kamu.

Tidak Ada Ruang Kosong Pada Memori Internal

Salah satu dampak yang diberikan oleh menumpuknya cache dalam smartphone adalah memori internal menjadi penuh. Karena penuh, kamu jadi tidak leluasa menjalankan suatu aplikasi. Saat memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu akan kesulitan untuk menyimpan data baru, sehingga berakibat pada lemotnya sebuah smartphone.

Agar memori internal smartphone kamu tidak cepat penuh, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai di smartphone kamu. Serta jangan lupa manfaatkan memori eksternal untuk menyimpan foto dan video serta file musik di smartphone.

Aplikasi Tertumpuk Pada Bacground

Salah satu hal yang membedakan smartphone dengan featured phone adalah kemampuan multitasking-nya. Di smartphone Android kita bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang telah dibuka sebelumnya lewat menu Recent Apps. Namun resikonya RAM smartphone jadi terkonsumsi.

Semakin banyak aplikasi yang tertumpuk di Recent Apps, semakin banyak RAM yang dikonsumsi oleh aplikasi yang running in background. Untuk menghentikan hal itu, sebaiknya kamu Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan lewat menu Settings-Applications.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *