Mudahnya Atasi Migren dengan Cara Berikut ini

Share

atasi-migren

Migren adalah sakit kepala dengan akar masalah lebih kompleks dan sangat membebani penderitanya. Tapi walaupun pemicunya kompleks cara mengatasi dan mengurangi simtomnya cukup mudah. Sebagai awalan, ketahui terlebih dahulu pemicunya, catat kebiasaan setiap hari selama beberapa pekan atau bulan dan perhatikan apakah ada pola khas yang muncul. Pemicu yang sudah dikenal misalnya makanan seperti coklat hitam atau minuman anggur, dianggap mempersempit pembuluh darah di otak, juga stres, sakit dibagian leher dan tulang belakang, juga masalah gigi.

Apapun aktivitas harian kamu, usahakan untuk berpegang pada jadwal tertentu setiap hari. Jadwal sebaiknya mencakup juga waktu tidur dan bangun pagi hari serta waktu makan siang dan malam. Bukan hanya itu, ikut sertakan pula olah raga ringan yang rutin. Usahakan agar tiap hari jadwal ditepati secermat mungkin.

Upayakan konsumsi makanan yang mengandung magnesium dalam jumlah besar, seperti sayuran hijau, tomat, kacang-kacangan dan lainnya. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak. Ini diduga berkaitan erat dengan serangan migren. Makanan dengan kadar Omega 3 tinggi, seperti ikan tuna dan sardin, punya efek menenangkan sehingga baik bagi penderita migren.

Dehidrasi atau kekeringan karena kurang minum juga sering jadi penyebab migren. Otak dan sekelilingnya sebagian besar terdiri dari air. Jika kekurangan cairan, volumenya berkurang sehingga menimbulkan iritasi dan rasa sakit. Sebaiknya minum 1,5 liter air per hari untuk mengurangi kemungkinan migren, juga durasi dan seringnya migren timbul.

Mengunyah jahe mentah bisa mengurangi rasa mual dan masalah pencernaan yang kerap menyertai migren. Jahe tampaknya bisa memblokir efek prostaglandin yang berfungsi seperti hormon. Prostaglandin bisa menyebabkan inflamasi pembuluh darah di otak dan menyebabkan migren.

Banyak penderita migren juga menunjukkan sensitivitas terhadap substansi tertentu dalam makanan, seperti monosodium glutamate pada tomat kering, keju parmesan dan daging kalengan. Selain itu, juga aspartame yang jadi salah satu pemanis artifisial, tartrazine yang digunakan sebagai pewarna makanan dan sodium benzoate yang bisa ditemukan pada gula-gula.

Perhatikan gula darah, turunnya kadar gula darah juga kerap menyebabkan migren, karena itu tubuh melepas glukosa ke dalam aliran darah dan naiknya tekanan darah. Sebaiknya makan secara teratur setiap 4 jam dan jangan melewati 12 jam tanpa makan apapun di malam hari. Pilih makanan dengan Indeks Glikemik (GI) rendah, seperti sayur, buah, yoghurt dan keju berkadar lemak rendah.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *