Menopause Sebuah Proses Penuaan Perempuan

Share

Proses Penuaan

Menopause merupakan keadaan berhentinya menstruasi selama periode 12 bulan. Kondisi ini akan dirasakan oleh semua perempuan seiring bertambahnya usia, jangan khawatir, menopause bukanlah sebuah penyakit atau gangguan. Pendapat umum mengatakan, menopause fenomena berakhirnya siklus menstruasi pada perempuan.

Sudah banyak ilmuan memikirkan apakah menopause dapat mempercepat proses penuaan, penelitian baru dalam jurnal PNAS dan Biological Psychiatry para peneliti menyimpulkan menopause memungkinkan proses penuaan pada perempuan. Profesor genetika dan biostatistik di University of California Los Angeles Steve Horvath dan timnya telah mengukur perubahan yang terjadi pada DNA beberapa perempuan. Hasilnya, sel-sel perempaun yang telah menopause mempercepat penuaan sampai 6%.

Sementara studi lain juga mengungkapkan beberapa perempuan telah menjalani terapi hormon untuk menggantikan hormon yang telah berhenti karena menopause dini, dampaknya sel-sel pulih kembali dibandingkan perempuan yang tidak menjalaninya. Beberapa ilmuwan dari UCLA mengungkapkan, kurang tidur akibat insomnia bisa juga memicu penuaan. Perubahan akibat penuaan ini dapat menimbulkan penyakit seperti jantung dan kanker.

Penelitian-penelitian tersebut bukan memusatkan penuaan kronologis, akan tetapi merupakan penuaan kronologis. Jadi, seberapa tua usia seorang perempuan ditunjukkan oleh sel-sel dan jaringan yang ada dalam tubuh. Semua tergantung pada gen dan gaya hidup seseorang, penuaan bisa terjadi pada tingkat yang berbeda-beda dan Howarth mengatakan bahwa penuaan epigenetik merupaan indikasi yang lebih baik daripada sekadar tanggal lahir seseorang.

Terapi hormon yang merupakan salah satu solusi, selama ini sudah dijalani oleh sebagian perempuan dengan tujuan untuk memperlambat proses penuaan. Akan tetapi Howarth tidak menyarankan perempuan langsung melakukan terapi hormon begitu menopause terjadi dengan tujuan agar tetap muda. Howarth mengkhawatirkan adanya efek samping terapi hormon saat ini.

Save

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *