Membeli Rumah Bekas Harus Teliti

Share

Beli-Rumah-Bekas

Bila membeli rumah bekas, sebaiknya perlu lebih teliti dalam memeriksa kondisi rumah. Harus lebih cermat dalam penilaian karena kondisi fisik rumah sudah dimakan waktu. Jangan mudah percaya pendapat pihak ketiga, karena nanti kamu yang akan tinggal di rumah tersebut. Dengan melakukan pengecekan sendiri, kamu dapat mengambil keputusan lebih mantap.

Jangan terbuai dengan tampilan luar rumah dan promo penjual rumah. Sebaiknya cermat saat memeriksa kondisi rumah dan perhatikan jika ada hal-hal penting yang seharusnya diketahui, tapi tidak disampaikan oleh penjual. Agar lebih membantu, boleh saja mengajak teman yang lebih mengerti tentang kelayakan bangunan, misalnya seorang arsitek atau ahli properti lain.

Jangan lupa untuk memeriksa ketahanan dinding dan kerentanannya terhadap serangan rayap. Periksa jika ada keretakan, cat terkelupas atau kelembaban yang disebabkan oleh bocornya saluran air. Tentu mata harus jeli dalam mengenali gejala dan tanda-tandanya.

Periksalah usia efektif bangunan. Usia efektif bukan dilihat dari kapan terakhir dibangun, namun kapan terakhir direnovasi sehingga meremajakan usia bangunan sendiri. Perhatikan pula apabila renovasi tersebut hanya renovasi ekterior atau seluruhnya. Hal ini sangat penting karena keselamatan penghuni rumah yang akan menjadi taruhannya. Kamu pasti tidak ingin tinggal di rumah yang hanya diberikan facelift tapi tidak memperbarui ketahanan rumah.

Sebaiknya perhatikan juga ventilasi dan sirkulasi udara di dalam rumah. Pencahayaan yang cukup akan menjadi faktor penting. Apabila rumah memanfaatkan banyak cahaya matahari sebagai sumber cahaya, kamu dapat berhemat biaya listrik. Jika sirkulasi udara tidak begitu baik, rumah akan cepat lembab dan memicu serangan jamur dan rayap. Oleh sebab itu, kedua hal ini patut diperhatikan sebelum membeli rumah bekas.

Hal lain yang perlu dilihat adalah keberadaan sumber air. Kepentingan sumber air bersih bagi kebutuhan rumah tangga tidak bisa diragukan lagi, hal ini juga tidak boleh ketinggalan dalam runtutan pemeriksaan. Pastikan sumber air bersih berjarak minimal 10 meter persegi dari septic tank. Jarak ini sangat penting untuk mencegah pencemaran air bersih untuk penggunaan rumah tangga. Jika rumah memiliki banyak titik air, coba nyalakan beberapa pada saat yang sama untuk memeriksa ketersediaan air.

Selain sumber air yang harus pastikan adalah rumah memiliki daya listrik yang baik dan berfungsi baik dari PLN. Jika meteran listrik rusak, boleh jadi kamu harus membayar denda yang tidak murah. Begitu pula dengan sambungan telepon.

Lanjutkan pemeriksaan rumah dengan mengecek status kepemilikan rumah. Surat-surat yang perlu diperiksa antara lain adalah surat izin mendirikan bangunan (IMB) dan sertifikat kepemilikan atau hak atas tanah (SHM atau SHGB). Jika status rumah sedang dalam status sengketa, sebaiknya selesaikan permasalahan tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Periksa dengan seksama riwayat rumah yang akan dibeli jika ingin terhindar dari masalah.

Setelah status hukumnya jelas, bandingkan harga rumah dengan rumah disekitarnya atau rumah yang kondisi dan karakternya mirip dengan rumah kamu sebagai perbandingan. Jika tidak dapat menemukan perbandingan yang cocok, lakukan penyesuaian biaya dalam data perbandingan harga-harga rumah yang dikumpulkan. Perhitungkan biaya renovasi, biaya transportasi dari tempat kerja, ketersediaan fasilitas disekitar rumah dan keamanan lingkungannya.

Seandainya kamu memanfaatkan jasa broker dalam proses pembelian rumah, jangan pernah ragu untuk memilih broker yang bersertifikat. Bila perlu, periksa keabsahannya dengan kroscek ke agensi broker tersebut. Terakhir, sebaiknya cek apakah pembelian rumah ini dapat dilakukan melalui KPR. Karena ada kesempatan untuk meminta bank melakukan penilaian nilai properti dengan benar dan dapat menjadi patokan untuk menawar harga rumah dengan pantas.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *