Manusia Bisa Punah Tanpa Mereka

Share

Kepunahan-Manusia

Dunia ini terdiri dari berbagai jenis makhluk yang hidup didalamnya. Manusia, tumbuhan dan hewan tentu harus bisa hidup berdampingan demi kelangsungan ekosistem. Tapi sekarang ini ulah manusia telah mengancam keberadan berbagai jenis hewan dan tanaman. Kalau tidak segera ada upaya untuk melindungi kelestarian mereka, umat manusia akan turut terancam binasa.

Hampir sepertiga dari spesies primata terancam punah. Begitu juga dengan gorila dataran rendah di Afrika. Hewan primata ini punya andil besar pada kelangsungan kehidupan di hutan. Merekalah yang terutama menyebarkan bibit tanaman di hutan. Oleh karenanya, secara tidak langsung mereka memastikan bahwa CO2 cukup diserap dari atmosfer, dimana hal ini baik untuk iklim bumi.

Lebah bukan sekedar produsen madu. Bila lebah punah, keberadan umat manusia juga terancam. Serangga ini punya kontribusi dalam proses penyerbukan sekitar 80% dari tanaman pangan. Namun, pestisida dan hilangnya habitat alami mereka membuat keberadaan lebah terancam. Di Jerman saja, jumlah kelompok lebah telah berkurang drastis, bermula 2,5 juta menjadi kurang dari 1 juta.

Hanya satu dari lebih dari ratusan spesies kelelawar adalah pengisap darah. Sisanya adalah penjaga keseimbangan populasi serangga dan membantu dalam penyerbukan bunga, artinya selama ini kelelawar telah membantu melestarikan tumbuhan. Kepunahan hewan malam ini akan berdampak besar pada dunia tumbuhan dan secara tidak langsung juga akan mengancam kehidupan manusia.

Katak adalah salah satu indikator ekosistem di dunia ini. Kulit katak memiliki pori-pori yang mampu menyerap berbagai unsur dari sekitarnya. Kematian katak biasanya merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dalam ekosistem. Sistem imun mereka yang luar biasa, juga memiliki potensi bagi penelitian dibidang kedokteran.

Mereka  yang telah punya pengaruh besar bagi kelangsungan ekosistem kerap diabaikan atau diremehkan. Organisme kecil ini merupakan pemberi makan miliaran hewan laut. Selain itu, mereka juga menyediakan sekitar setengah kandungan oksigen di bumi. Tanpa plankton mungkin tidak ada kehidupan lagi di bumi.

Di bidang pertanian, semut punya andil besar. Dibandingakan cacing, semut lebih menggemburkan tanah. Selain itu mereka juga berperan dalam mengendalikan hama, mendistribusikan benih tanaman dan juga sebagai makanan bagi hewan hutan lainnya.

Sebagai spesialis daur ulang, jamur bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tanaman menyerap nutrisi dan air dari tanah. Tanpa jamur, tanaman sudah punah sejak 600 juta tahun lalu. Jadi tanpa kehadiran jamur di dunia ini, manusia mustahil bisa hidup.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *