Makanan yang Buat Kamu Cepat Tua

Share

Makanan-Bikin-Cepat-Tua

Kita memang tidak bisa mencegah proses penuaan. Tapi akan jadi pengalaman yang menyenangkan jika kita bisa melakukan perubahan untuk mencegah penyakit dan kerusakan tubuh lebih awal. Erika Schwarts seorang spesialis penyakit yang berfokus pada pengobatan preventif menyatakan “Ketika Anda beranjak tua, peradangan menjadi masalah yang terbesar. Peradangan menciptakan penuaan dan penyakit. Untuk mengalahkannya, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan anti-peradangan.”

Beberapa penelitian juga telah mengaitkan berbagai penyakit kronis akibat peradangan, semisal tekanan darah tinggi dan diabetes. Seperti dikutip Huffingtonpost, berikut adalah tiga makanan yang harus dihindari dan tiga makanan yang harus dimasukkan dalam diet, agar kita tidak mengalami penuaan dini, antara lain:

1. Hindari Alkohol

Kosumsi kamu terhadap alkohol meningkat seiring bertambahnya usia karena kadar air dalam tubuh rendah. Selain itu, alkohol juga dikenal dapat membuat kulit dehidrasi.

Hindari meminum alkohol, coba minum air ditambah dengan irisan lemon. Minuman ini memiliki banyak manfaat karena membantu pencernaan yang kadang melambat seiring usia bertambah. Air dan lemon memberikan vitamin C serta antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan penuaan dini.

2. Makanan yang diproses

Makanan yang kemasan atau makanan olahan akan sulit diproses oleh tubuh, apalagi jika makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang tidak memiliki nilai gizi untuk tubuh.

Jadi lebih baik pilih makanan sehat seperti alpukat, karena buah ini dapat membuat kamu merasa kenyang akibat kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, alpukat juga kaya akan karotenoid yang membantu melawan peradangan.

3. Gula pengganti

Merupakan ide yang baik jika kamu membatasi asupan gula. Namun jangan berpikir untuk menggunakan gula pengganti, karena mereka adalah pemanis buatan yang seringkali disebut-sebut dalam makanan sebagai bebas gula.

Jika Anda ingin memuaskan rasa manis di lidah, kamu bisa mencoba yogurt dan buah. Karena yogurt tinggi kalsium yang membantu mencegah osteoporosis, sedangkan buah tentu saja penuh dengan vitamin C dan antioksidan yang mencegah penuaan dini.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *