Langkah Mudah Deteksi Kanker Payudara

Share

Deteksi-Kanker-Payudara

Bagi kaum perempuan, kanker payudara sampai saat ini masih menjadi ancaman yang menakutkan dalam dunia kesehatan. Setelah kanker serviks, kanker payudara merupakan jenis kanker kedua yang paling banyak menyerang perempaun. Karena itu, penting untuk mendeteksi sejak dini agar mendapat penanganan cepat.

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kanker payudara. Mulai dari riwayat keluarga pengidap kanker payudara, mendapatkan menstruasi di usia dini atau mengalami masalah berat badan setelah menopause. Biarpun demikian, ada cara mudah untuk mencegah penyakit ini. Salah satunya adalah sadari atau periksa payudara sendir. bagaiman caranya? Simak langkah mudah mendeteksi kanker payudara.

  • Pertama, berdiri lurus di depan cermin dengan bahu lurus dan tangan di pinggul. Perhatikan apakah ada yang aneh dengan payudara kamu atau tidak.
  • Kedua, angkat lengan kamu dan kemudian lihatlah puting payudara kamu. Apakah bentuknya tidak wajar atau mengalami perubahan warna yang aneh.
  • Ketiga, Masih dengan posisi yang sama, rabalah payudara kamu mulai dari puting hingga ke area di dekat ketiak. Apakah kamu merasakan ada benjolan atau tidak? Jika benjolan tersebut keras dan menyakitkan, ada baiknya segera periksa ke dokter.

Selain cara-cara itu, bisa juga menggunakan cara yang lain seperti berbaringlah dan kemudian miring ke samping kanan atau samping kiri. Perhatikan apakah kedua payudara ikut jatuh atau tidak. Apabila payudara tersebut terlalu jatuh, maka kamu patut untuk waspada.

Memeriksa payudara sendiri merupakan cara termudah untuk mengenali tanda-tanda kanker payudara. Perhatikan dengan jelas setiap perubahan bentuk, warna dan rasa sakit yang terdapat di payudara kamu. Seandainya kamu merasa ada yang tidak wajar, segera periksalah ke dokter..

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *