Kenapa Smartphone Bisa Menjadi Panas? Ini Penyebabnya

Share

Smartphone-Jadi-Panas

Menggunakan sebuah smartphone telah menjadi hal mutlak yang wajib digunakan setiap harinya. Pasalnya, smartphone dapat membantumu agar komunikasi tetap berjalan dengan lancar. Tanpa benda ini, di zaman yang serba canggih pasti kamu akan dibuat kesulitan. Karena, smartphone sendiri memang sudah menjadi kebutuhan yang amat penting untuk manusia.

Berbicara smartphone, pasti memperbincangkan persoalan harga. Ada smartphone dengan harga murah di kelas entry-level, kelas mid-range, bahkan kelas tertinggi yakni high-end. Tapi, disemua kelas bawah sampai kelas tinggi, saat menggunakan smartphone, pasti pernah merasakan panas yang keluar dari tubuh smartphone.

Smartphone akan mengeluarkan hawa panas, tentu saja tidak akan langsung panas namun perlahan dari hangat menjadi panas. Baik smartphone murah atau mahal sekalipun, kamu tidak dapat menghindar dari panas yang timbul dari smartphone. Lalu, kenapa smartphone bisa menjadi panas bahkan sampai terlalu panas?

Jika kamu bertanya seperti itu, jawabannya sederhana namun mengandung unsur ilmiah. Hal ini terletak dari ilmu dasar fisika yaitu gerakan. Gerakan akan menghasilkan panas, jelas itu hukumnya. Oleh karena itu, sebuah smartphone bisa panas karena adanya gerakan yang dilakukan oleh hardware di dalamnya. Lalu, kenapa bisa semakin memanas? Karena smartphone tersebut menghasilkan jumlah listrik yang bergerak lebih besar.

Sebagai contoh, kamu memainkan game di smartphone, maka secara otomatis itu akan menuntut pergerakan listrik lebih banyak dari unit pusat dan pengolahan grafis. Baik unit pusat maupun pengolahan grafis berada di system-on-chip atau biasa disebut SoC, smartphone tentu akan mengeluarkan hawa panas namun tidak berlebihan. Kesimpulannya, semakin banyak kamu mengoprasikan smartphone untuk melakukan sesuatu, maka lebih banyak kekuatan untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut hingga akhirnya smartphone memanas.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *