Kenali Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D

Share

Kamu termasuk orang dengan keringat berlebihan? berarti kamu kekurangan vitamin D. Selain itu, tanda bahwa kamu kekurangan vitamin D adalah sering merasa letih, ada berbagai macam hal yang menandakan tubuh kita kekurangan vitamin D, kalau kamu mau tau yuk simak ulasan singkat berikut ini.

Keringat Berlebih di Kening

Hal ini sulit terdeteksi pada bayi yang baru lahir sebagai tanda kekurangan vitamin D. Bukan hanya pada bayi, fenomena ini berlaku untuk orang dewasa juga. Jadi jika kening kamu terus bekeringat, sementara suhu tubuh kamu normal, tidak ada salahnya kamu melakukan tes vitamin D dengan ahlinya.

Sering Merasa Letih

Kekurangan vitamin D bisa membuat kamu sering merasa letih, walau kamu sudah istirahat dan tidur dengan cukup. Vitamin D yang cukup bisa membuat kamu merasa lebih kuat, berapuapun usia kamu. Otot yang kuat bukan hanya berkat asupan zat besi.

Patah Tulang

Di usia sekitar 30 tahun, massa tulang berhenti tumbuh. Menurut studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition kurangnya vitamin D bisa mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis. Hampir tidak mungkin untuk mencukupi kebutuhan vitamin D hanya melalui makanan. Vitamin D juga harus diperoleh melalui sinar matahari dan suplemen.

Rasa Sakit Kronis

Kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon (penderita artritis dan fibromyalgia) mungkin kekurangan vitamin D. Karena kekurangan vitamin D bisa menyebabkan rasa sakit pada otot dan sendi. Vitamin D yang cukup bisa mencegah rasa pegal setelah berolahraga dan mempercepat pemulihan otot.

Depresi

Kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan diagnosa depresi. Tapi sampai hari ini hubungannya belum jelas, para pakar kesehatan memperkirakan, mineral vitamin D mungkin bekerja di bagian otak dan mempengaruhi hormon yang sama seperti serotonin, hormon tersebut memiliki efek terhadap suasana hati seseorang.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *