Kemunculan Binatang Hibrida Baru

Share

Para ilmuwan telah mengamati kemunculan sejumlah binatang hibrida baru, hasil persilangan dua spesies berbeda. Pemicunya beragam, dari perubahan iklim sampai habitat tumpang tindih. Kebanyakan binatang hibrida adalah persilangan yang direkayasa manusia. Namun, perubahan lingkungan dan iklim, memaksa spesies yang tadinya memiliki habitat terpisah bisa bertemu. Lahir hibrida yang kadang memukau dan indah tapi kadang menakutkan.

Beruang-Grolar

Salah satu binatang hibrida adalah beruang Grolar, persilangan antara Grizzly dengan Beruang Kutub. Mencairnya lapisan es abadi, memaksa Beruang Kutub bermigrasi ke selatan ke habitat beruang Grizzly. Terjadi persilangan kedua jenis beruang akibat habitat yang kini tumpang tindih. Beruang kutub terancam punah akibat perkawinan silang. Pasalnya lingkungan hidup beruang kutub makin lama makin menciut, dan memaksa kawin dengan beruang Grizzly. Dampaknya, secara pelahan spesies beruang kutub akan lenyap.

hiu-sirip-hitam

Beberapa jenis hiu sirip hitam di kawasan laut Australia melakukan persilangan secara alami. Para ilmuwan menyebutnya Aksi Evolusi. Perkawinan silang ini, hiu generasi berikutnya memiliki kemampuan hidup di kawasan laut amat luas mulai dari laut tropis hingga perairan dekat kutub.

Liger

Sejumlah binatang hibrida menderita kelainan genetika. Akibatnya satwa mudah diserang penyakit atau mandul. Liger misalnya, anak persilangan Singa jantan dengan Harimau betina, menjadi spesies kucing terbesar di Dunia. Binatang ini tidak ada di alam dan dikembang biakkan oleh manusia yang serakah ingin mendapat keuntungan.

Geep

Sejak lama di Eropa domba dan kambing diternakkan bersama di satu tempat. Lazimnya tidak terjadi kawin silang. Namun di Irlandia terjadi persilangan kejutan antara kambing dan domba, melahirkan Geep yaitu peranakan dari Goat dan Sheep.

binatang-zonkey

Sementara di Florence, Italia, alam juga memberi kejutan. Seekor Zebra jantan kabur dari kandangnya di kebun binatang pada 2013 dan memasuki kandang keledai betina. Kawin silang ini melahirkan anak yang disebut Zonkey persilangan antara Zebra dan Donkey.

Save

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *