Kemajuan Pendidikan Finlandia Mengadopsi Ide Ki Hadjar Dewantara

Share

Bapak-Pendidikan

Pada era 80-an kondisi pendidikan di Indonesia lebih baik dari Finlandia. Tapi dalam beberapa dekade terakhir, sistem pendidikan di negara kawasan Skandinavia itu telah mengalami perkembangan yang pesat. Keberhasilan Finlandia dalam mereformasi sistem pendidikannya adalah menjalankan ide dari Ki Hadjar Dewantara yang juga merupakan Bapak Pendidikan Indonesia. pernyataab ini disampaikan sendiri oleh Anies Baswedan selaku mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Menurut Anies, pendidikan di Finlandia dikembangkan dan mengadopsi ide dari sejumlah buku yang ditulis Ki Hadjar Dewantara, ironisnya ajaran Ki Hadjar tersebut diabaikan di negrinya sendiri. Pendidikan di Finlandia dikembangkan tanpa unsur dan kepentingan bisnis. Sehingga meski pemerintahan berganti, hal ini tidak mempengaruhi transformasi pendidikan disana.

Konsep Taman Siswa yang dirancang Ki Hadjar dan diterapkan oleh negara Finlandia memiliki tujuan yaitu mewujudkan manusia yang merdeka lahir dan batinnya. Prinsip pendidikan ini dilaksanakan berdasar Sistem Among, yaitu suatu sistem pendidikan yang berjiwa kekeluargaan. Dalam sistem ini setiap pendidik harus meluangkan waktu untuk memberikan pelayanan kepada siswa sebagaimana orang tua yang memberikan pelayanan kepada anaknya.

Pada sistem ini, pendidikan lebih didasarkan pada minat dan potensi apa yang dimiliki dan perlu dikembangkan pada seorang siswa, bukan pada minat dan kemampuan yang dimiliki oleh pendidik. Dan uniknya lagi, sistem Taman Siswa tersebut menuntut agar siswa menunjukkan keberanian dalam mengungkapkan pendapat, serta mengganggap pendidik sebagai teman, bukan sebagai seorang yang harus ditakuti oleh para siswa. Jadi para pendidik dahulu juga menjadi tempat curhat dan tempat berbagi pengalaman.

Finlandia sudah berhasil memajukan pendidikannya dengan sistem yang diadopsi dari ide Bapak Pendidikan Indonesia, kini sudah saatnya Indonesia menjalankan ide Ki Hadjar Dewantara demi kemajuan pendidikannya, agar negara ini melahirkan generasi-generasi yang mampu membawa bangsa Indonesia disegani oleh negara-negara lain.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *