Kamu Harus Tahu Fakta Tentang Khasiat Petai Cina

Share

Khasiat-Petai-Cina

Petai cina dalam bahasa ilmiahnya Leucaena Leucocephala adalah tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Petai cina bisa disebut dengan lamtoro, merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh hingga sekarang telah menyebar ke berbagai bagian dunia. Petai cina oleh para petani sering ditanam sebagai tanaman pagar, pupuk hijau dan segalanya.

Petai cina di Indonesia hampir musnah setelah terserang hama wereng. Pengembangbiakannya selain dengan penyebaran biji yang sudah tua juga dapat dilakukan dengan cara stek batang. Petai cina cukup menarik untuk diketahui manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya kita mengenal petai itu berukuran besar, tapi untuk petai cina cenderung berukuran lebih kecil.

Berbagai penelitian telah menemukan, petai cina memiliki sifat netral serta rasanya agak pahit dan sedikit manis. Kandungan dalam petai cina banyak sekali zat baik itu menral maupun kalsium dengan kadar cukup tinggi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sehingga petai cina banyak digunakan untuk obat tradisional berbagai penyakit. Pada umumnya bagian yang digunakan dari tanaman petai cina ini adalah daun serta buahnya.

Kandungan zat dalam tanaman petai cina antara lain protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, energi. Dari kandungan yang terdapat pada tanaman petai cina tersebut, maka tanaman ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh antara lain mengatasi disentri, menurunkan kadar gula dalam darah, menyehatkan kulit, membunuh cacing dalam tubuh, mencegah kanker dan diabetes.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *