Kamu Harus Tahu Bagian Smartphone yang Mudah Rusak

Share

Bagian-Smartphone-Mudah-Rusak

Pernahkan kamu memperhatikan bagian-bagian smartphone-mu? Pernahkah kamu tanpa sadar merusak bagian vital dari smartphone tersebut? Smartphone itu ibarat manusia, sama-sama memiliki bagian vital yang mampu membuat kerusakan organ jika terjadi sesuatu. Apabila kamu termasuk pengguna smartphone yang ceroboh, ini adalah bagian-bagian smartphone yang paling mudah rusak:

Layar Smartphone

Memang menjadi bagian yang paling sering dipegang. Layar adalah bagian vital smartphone karena materialnya terbuat dari kaca tipis yang tentu saja mudah pecah. Bayangkan jika kaca layar tebal, meskipun kuat namun fungsinya akan terhambat. LCD smartphone merupakan bagian luar smartphone yang ukurannya luas dan mudah terkena goresan, tekanan, dan gangguan lainnya. Setiap kerusakan yang pada layar smartphone bisa digolongkan menjadi kerusakan besar karena fungsi touchscreen smartphone juga akan rusak sebagian.

Tepian Smartphone

Merupakan bagian terluar yang mudah sekali tergores, tertimpa, tertekan, dan sebagainya. Tepian smartphone merupakan bagian yang sangat berharga untuk smartphone yang tepiannya terbuat dari metal/besi. Cara mengatasinya mudah, kamu hanya perlu menggunakan casing, misalnya ring bumper case, case kekinian yang bisa dibilang imut atau flip cover yang memiliki penutup layar. Cara terbaik menghindari kerusakan dan goresan bagian tepian smartphone cuma satu, kamu harus ekstra hati-hati dalam menggunakan smartphone milikmu.

Colokan Charger

Jika colokan charger pada smartphone rusak, kamu harus melepas baterai untuk mengisinya dengan charger desktop. Colokan charger atau port charger di smartphone merupakan bagian yang sangat aktif karena sering digunakan dalam keseharian. Port charger juga sangat mudah kotor, dengan demikian port charger akan rawan rusak. Bisa karena terlalu sering digunakan ataupun tersumbat kotoran.

Banyak orang yang mengalami masalah pada port charger-nya, mulai dari port charger karatan, tidak bisa untuk charge, dan lain-lain. Cara paling efektif merawat port charger pada smartphone adalah dengan menggunakan charger yang original, karena jika tidak aasli kemungkinan besar port charger akan mudah rusak.

Selain itu, menggunakan charger yang tidak original dapat merusak baterai smartphone juga. Perhatikan juga saat pengisian, charger jangan terlalu dipaksakan untuk masuk ke port charger karena dapat mengubah susunan besi dalam port charger.

Tombol Home

Hati-hati saat menggunakan tombol Home fisik, karena sebenarnya tombol Home ini mudah rusak. Tombol Home memang memiliki banyak manfaat, jadi tentu saja sering digunakan. Efek dari rusaknya tombol Home ini bermacam macam, mulai dari hilangnya fungsi tombol, tombol tersebut bisa copot dan mengurangi daya jual smartphone.

Solusinya jangan terlalu sering menggunakan tombol Home agar tombol tersebut tidak mudah rusak, jadi gunakanlah tombol Home virtual. Kamu juga bisa usahakan membeli smartphone yang tombol Homenya berupa touchscreen.

Tombol Power dan Volume

Tombol smartphone yang biasanya terletak disamping ponsel. Tombol power dan tombol volume memang mudah rusak karena tombol tersebut sangat sering digunakan. Efeknya bermacam-macam, mulai dari tidak berfungsinya tombol power dan tombol volume, sulitnya memencet tombol tersebut mungkin karena tombol tenggelam, tombol lepas, bahkan sampai ponsel kamu tidak bisa menyala karena tidak ada tombol yang digunakan untuk menyalakan smartphone.

Tips meminimalisir tombol power dan tombol volume tidak mudah rusak adalah matikan smartphone dengan cara lain, tidak menggunakan tombol tapi dengan virtual. Hal ini berlaku juga untuk mengubah volume smartphone. Kamu juga bisa menggunakan case agar tombol power dan volume tidak tertekan saat berada dalam tas.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *