Inilah 5 Penyebab Ponsel Android Mati Total

Share

ponsel-androidPonsel yang tiba-tiba tak mau menyala memang menjadi salah satu masalah yang membuat khawatir sebagian besar pengguna smartphone Android.

Tak hanya pengguna biasa, kejadian ini juga kerap dialami pengguna yang dikenal sebagai penggila gadget. Lantas, sebenarnya apa yang terjadi pada ponsel Android tersebut?

Berikut adalah cara mudah untuk memastikan sebuah ponsel Android yang tak mau menyala, seperti dikutip dari laman Android Pit.

1. Pastikan ponsel sudah diisi daya
Terkadang pengguna lupa kapan waktu terakhir kali mengisi daya ponselnya. Untuk itu, selalu pastikan terlebih dulu kondisi ponsel mati karena kehabisan daya atau masalah lain.

Segera isi ulang daya ponsel untuk mengetahui sumber masalah. Perlu diingat, terkadang untuk membuat ponsel benar-benar bisa menyala dari keadaan mati total dan habis daya dibutuhkan waktu yang tak sebentar.

2. Ponsel menyala tapi layar mati
Kemungkinan lain ponsel tak kunjung menyala adalah pengguna tak sadar ponsel dalam keadaan menyala tapi layarnya tidak. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah matikan ponsel lalu nyalakan kembali.

Biasanya tanda sebuah ponsel menyala adalah getaran atau suara boot. Jika tanda itu ada tapi layar tetap mati, segera bawa ponsel ke layanan purna jual untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Pastikan ponsel tak dalam keadaan basah
Salah satu alasan umum sebuah ponsel tak menyala adalah kondisinya yang basah. Untuk itu, segera pastikan ponsel dalam keadaan kering sebelum benar-benar dibuat menyala kembali.

4. Ponsel lag sebelum mati
Jika sebelum ponsel mati dan tak mau menyala, ponsel mengalami kejadian tak seharusnya, seperti crash, restart atau hal lainnya, kemungkinan besar masalah ada pada software.

Karenanya, untuk mengatasi hal tersebut, hal yang perlu dilakukan adalah menggantikan firmware dalam perangkat.

Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah mencoba factory reset. Hanya jika dirasa cukup merepotkan, kamu cukup membawanya ke orang yang lebih ahli.

5. Baterai bocor
Salah satu penyebab lain yang kerap membuat smartphone tak bisa menyala adalah kemampuan baterai yang terus menurun. Hal ini memang normal terjadi seiring berjalannya waktu, tapi tak jarang muncul secara tiba-tiba.

Untuk itu, coba cek kondisi baterai ponselmu dengan melihat tampilan fisik. Periksa kondisi baterai apakah menggembung, bocor atau ada kerusakan.

Jika ya, segera lakukan penggantian baterai untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

sumber: liputan6.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *