Ini Cara Mengatasi Smartphone Terlalu Panas

Share

Mengatasi-Smartphone-Panas

Tentu banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan smartphone yang digunakannya mendadak menjadi terlalu panas saat digunakan maupun tidak sedang digunakan. Terlebih menyebalkan apabila saat itu smartphone sedang berada di kantong celana, sehingga menyebabkan rasa panas smartphone tersebut bisa dirasakan juga.

Pada dasarnya, cara yang perlu kamu lakukan itu sangat mudah. Pertama, jangan pernah menggunakan smartphone yang sudah terisi penuh saat di-charge. Hal ini membuat baterai bekerja sangat ekstra dan pada akhirnya smartphone menjadi panas bahkan sangat panas.

Selain itu, jangan membiarkan baterai smartphone sampai habis bersih atau sampai mati akibat tidak di-charge, hal tersebut akan memperpendek umur baterai. Isilah baterai saat sudah memasuki maksimal 30% dan cara seperti ini juga dapat memperpanjang usia baterai.

Kedua, antisipasi dari pemanasan di SoC. Pastikan jangan memainkan game di smartphone atau menonton video terlalu lama, tidak melakukan multitasking aplikasi yang membutuhkan banyak proses, tidak mengaktifkan Bluetooth dalam waktu yang lama, tidak membuka aplikasi pemetaan dengan waktu yang panjang dan gunakanlah WiFi yang koneksinya stabil.

Ketiga, Gunakan tombol back atau menu exit setelah menggunakan aplikasi. Jangan gunakan tombol home untuk menutup aplikasi. Karena jika menggunakan tombol home, aplikasi tetap berjalan dibalik layar. Akibatnya akan membebani kinerja prosesor dan RAM yang mengharuskannya bekerja ekstra.

Keempat, kamu harus sadar bahwa yang mengakibatkan smartphone menjadi terlalu panas bukan hanya bersumber dari smartphone itu sendiri, sumber yang mengakibatkan hal ini bisa saja dari luar. Jadi jangan membiarkan smartphone terkena sinar matahari secara langsung, karena itu juga menjadi faktor penyebab terjadinya pemanasan yang berlebihan pada smartphone. Selain itu, hindari meletakkan smartphone diatas TV, didekat oven, disamping kipas laptop atau benda-benda lain yang berpotensi mengeluarkan panas.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *