Ingin Wajah Mulus Bebas Jerawat? Ikuti Langkah Ini

Share

Bebas-Jerawat

Kemunculan jerawat secara tiba-tiba sangatlah menyebalkan. Pasalnya, masalah kulit yang bisa menganggu penampilan ini, muncul tanpa adanya peringatan. Walaupun sulit untuk dihindari, tapi kita bisa mencegah agar jerawat tak sering muncul, tentu tanpa harus melewati prosedur yang mahal, kamu cukup melakukan perubahan kecil dalam skincare harianmu.

Banyak kesalahan yang tanpa kita sadari, sering kita lakukan pada wajah. Hingga akhirnya, jerawat pun muncul. Sebelum terlambat, cari tahu tips kecantikan yang penting untuk kita ikuti.

Gunakan pembersih wajah sesuai jenis kulit

Sudah banyak produk pembersih wajah yang dapat digunakan untuk segala tipe kulit. Namun ada baiknya kamu berganti kepada sabun cuci muka yang lebih spesifik untuk tipe kulitmu. Dr. Weiser merekomendasikan zat-zat seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, atau glycolic acid untuk jenis kulit berminyak. Sementara untuk kulit sensitif, pilih produk yang mengandung lactic acid dan glycerin. Jika sulit menemukan jenis pembersih wajah seperti di atas, pilihlah yang tidak berbusa dan mengandung pewangi. Hindari cleanser yang mengandung alkohol, karena akan membuat wajah menjadi kering dan membuat jerawat mudah berkembang, plus iritasi.

Gunakan dua handuk

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat memang perlu perjuangan. Pemakaian handuk berulang kali dapat membuat bakteri berkembang dan menempel di wajah. Solusinya, sebaiknya gunakan handuk lebih dari satu setiap habis membersihkan wajah.

Perhatikan tanggal kadaluarsa makeup

Kulit sehat haruslah dimulai dari diri sendiri. Tindakan lainnya yang penting untuk kita perhatikan adalah mengetahui batas akhir atau kualitas makeup yang digunakan. Selain memperhatikan batas kadaluarsa, untuk mengatasi jerawat, pilihlah makeup yang oil-free. Ini bermanfaat agar tidak menyumbat pori-pori yang dapat memicu jerawat lebih banyak.

Jangan memencet jerawat

Jangan pernah mencoba memecahkan jerawat. Apalagi keadaan tanganmu yang tidak selalu bersih. Hal ini dapat menyebabkan bakteri berpindah dan menyebabkan jerawat lebih banyak, infeksi, juga berbekas jika dipencet terlalu keras. Kalau kamu tidak tahan, taruh saja es batu selama 20-30 detik untuk mengempeskannya, atau kunjungi dermatologis terpercaya dan minta cortisone injection yang dapat mengempeskan jerawat dalam sehari atau dua hari.

Pola makan harus teratur

Pada dasarnya, kesehatan kulit wajah itu tergantung dengan asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Minumlah air yang cukup dalam sehari, juga konsumsi makanan seperti ubi, telur, kacang, dan sayur-sayuran hijau untuk menjaga keindahan kulitmu dan juga kesehatan tubuhmu. Selama proses pemulihan, hindari makanan yang mengandung banyak gula dan soda.

Penting untuk diingat, sebelum memulai perawatan wajah, jangan lupa selalu membersihkan kedua telapak tangan terlebih dahulu. Selamat mencoba ya!

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *