Indonesia Akan Menjadi Pusat Distribusi Halal Dunia

Share

Distribusi-Halal

Indonesia akan segera memiliki Pelabuhan Syariah. Pelabuhan ini hasil sinergi dua BUMN, yaitu PT Pelabuhan Indonesia II dengan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP). Pelabuhan ini diyakini akan menjadi pusat distribusi halal di dunia. Distribusi barang dan jasa halal di Asia Tenggara pun menjadi target bagi pelabuhan ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sitta Rosdaniah, Financial and Supporting Director JIEP, ketika menjadi panelis dalam diskusi di Forum Ekonomi Islam Dunia (WEIF- World Economic Islam Forum) di Jakarta Convention Center. “Sudah bukan rahasia umum jika Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim terbesardi Dunia dan, Indonesia bisa banyak mendapatkan barang industri halal.”

Pelabuhan syariah tersebut nantinya akan terintegrasi dengan Pelabuhan Tanjung Priok dan Kawasan Industri Pulo Gadung. “Jadi Indonesia bisa bersaing dengan negara lain. Sehingga tidak tertinggal lagi,” ucapnya.

Dalam diskusi panel tersebut, Sitta berbicara bersama dengan Mohammed Nazeem Noordali (General Manager, Corporate and Structured Finance Islamic Development Bank, Saudia Arabia), Malek Mattar (CEO My Outlers Pte Ltd, Singapura) dan Akmal Saleem ( CEO MaarijCapital, Saudia Arabia). Annamaria Tiozzo, President World Halal Development Italian Halal Certificcation Center Italia, menjadi moderator diskusi ini.

Sitta menjelaskan, pelabuhan syariah tersebut menjadi bagian dari upaya Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi syariah di dunia. Menurut dia, pelabuhan halal akan ditopang dengan adanya zona halal di Kawasan Industri JIEP. “Zona yang kami kembangkan memiliki berbagai fasilitas yang menunjang manajamen dan distribusi halal,” ungkapnya.

Di Zona Halal akan ada Moslem Fashion Hub, MICE, Halal Warehouse, Halal Laboratory, Shariah Finance Centre, National Creative Industry & Training Centre, Halal Lifestyle Showcases, National Logistic Centre, Halal Culinary Centre, dan Organic Urban Farming. Usaha Kecil dan Menengan (UKM) akan mendapatkan prioritas untuk mengembangkan unit bisnisnya. Sejauh ini UKM memang perlu dukungan agar produk yang dihasilkannya, dapat memenuhi standar halal.

UKM pun nantinya akan difasilitasi untuk bisa mendapatkan dana dalam zona halal tersebut.  Selain itu, JIEP juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas khusus yang juga dapat digunakan oleh segenap pengusaha dalam lingkungan tersebut.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *