Energi Alternatif dari Tanaman

Share

Tanaman-Biogas

Di Jerman muncul fenomena yang disebut sebagai “demam jagung”. Beberapa tahun terakhir, areal tanaman jagung di negara ini meningkat drastis. Tahun 2011 tercatat lahan budidaya jagung seluas 2,5 juta hektar atau naik hampir 50% dibanding tahun 2005 yang luasnya sekitar 1,7 hektar.

Meningkatnya animo warga membangun instalasi pembangkit listrik biogas, dipicu rangsangan ekonomi yang diusung pemerintah Berlin. Listrik hijau dari instasi biogas yang dijual ke jejaring listrik resmi tarifnya sangat murah, kisaran antara 6 hingga 22 cent Euro per Kilowatt-jam.

Sekarang ini di seluruh Jerman terdapat sekitar 7100 instalasi biogas. Daya listrik yang dibangkitkannya keseluruhan mencapai 2800 Megawatt atau setara dengan daya dua PLTN besar.

Substrat utama yang teruji kehandalannya bagi instalasi biogas di Jerman adalah tanaman jagung. Korelasi antara instalasi biogas dan budidaya jagung menjadi sulit dipisahkan lagi. Sebagai konsekuensi dari booming sektor bisnis listrik biogas adalah terus bertambah luasnya areal budidaya jagung.

Melihat perkembangan terbaru, para pemerhati lingkungan mengritik budidaya monokultur jagung sebagai pemasok utama substrat biogas. Selain rentan serangan hama, penanaman jagung juga memerlukan bahan kimia dalam jumlah besar. Baik untuk pemupukan atau sebagai pembasmi hama.

Riset terbaru menyebutkan, korelasi jagung-biogas juga bisa dirubah. Budidaya campuran beragam tanaman liar terbukti menjadi alternatif yang menarik. Neraca bisa ditarik, pada akhirnya energi yang diproduksi tidak lebih mahal dibanding energi dari tanaman jagung.

Dinas pertanian anggur dan pertamanan negara bagian Bayern tahun 2009 mulai melakukan percobaan penanaman 25 jenis tumbuhan, kebanyakan bunga liar di lahan percobaan. Tahun berikutnya areal uji coba diperluas menjadi 25 hektar. Tahun 2011 areal tersebut bertambah menjadi 200 hektar diberbagai kawasan Jerman.

Riset dirancang dan berlangsung selama 5 tahun. Setiap wilayah dilakukan modifikasi ringan pada tanaman, sesuai kondisi lokal. Alam dibiarkan memainkan peranan terbesar pada tanaman riset. Lahan tanaman sumber energi berkembang menjadi ekosistem yang berharga.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *