Di Masa Mendatang Robot Siap Mendominasi Dunia Fashion

Share

Dunia fashion adalah sebuah industri yang penuh dengan inovasi, seni serta terobosan dan terkadang dinilai ‘aneh’ oleh sebagaian orang awam.  Sekarang, industri fashion dikabarkan telah bersiap-siap untuk menerima invasi robot yang dapat dimanfaatkan sebagai model runway untuk berlaga di panggung catwalk.

Seperti yang diinformasikan Ubergizmo, beberapa desainer ternama semisal Thom Browne, Rick Owens dan David Koma mengungkap bahwa mereka telah mengadopsi fembot, sebuah model robot wanita untuk menjadi model majalah dan model runway.

Para fashion designer ternama tersebut menjelaskan bahwa desain fembot dirancang sedemikan rupa hingga mirip seperti model wanita sungguhan. Akan tetapi, perbedaannya terlihat pada pakaian yang dikenakan. “Dress yang dikenakan memiliki beberapa titik solder dan sirkuit komputer yang tersemat dibalik gaun mereka,” kata Browne.

Para perancang fembot yang bekerja sama dengan pelaku fashion untuk kedepannya akan merencanakan pembuatan robot yang tampil lebih mirip seperti manusia, tidak hanya dari penampilan tapi juga dari tingkah laku dan gerak-gerik. Hal tersebut sedang dikembangkan lewat penelitian yang dilakukan ke beberapa model wanita.

Bukan hanya robot wanita, robot pria pun sedang dikembangkan agar dapat mengimbangi keperluan para pelaku fashion ketika ingin menggunakan jasa para model kaum adam. Hal tersebut akan diuji coba terlebih dulu untuk foto sampul sebuah majalah.

Para robot in nantinyai tidak hanya akan dipakai sebagai keperluan foto kover majalah atau pun catwalk. Namun, juga bisa digunakan untuk keperluan iklan dan bahkan dipakai untuk keperluan shooting video klip.  Bukan tidak mungkin, nantinya semua bidang di ranah industri fashion akan didominasi para robot tersebut. Bagaimana menurut kamu, apakah dunia fashion sudah tidak lagi membutuhkan model manusia sungguhan?

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *