Di ASEAN Kualitas Pendidikan Indonesia Paling Rendah

Share

Kualitas-Pendidikan-Indonesia

Setelah memasuki program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kemampuan serta keterampilan yang dimiliki masyarakat Indonesia tidak lagi harus berpangkal pada skala nasional. Keterampilan yang dimiliki harus bisa bersaing dengan masyarakat negara-negara anggota ASEAN.

Nenny Soemawinata selaku Managing Director Putra Sampoerna Foundation menyatakan bahwa kualitas pendidikan Indonesia masih rendah. “Kita kadang tidak diterima kerja disana. Kenapa? Karena sudah terbukti dan ada data kualitas pendidikan di Indonesia terendah di ASEAN. Karena itu, kita harus mengejar,” ucapnya, seperti dikutip dari situs Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kepada mahasiswa Nenny mengingatkan agar tak hanya rajin berkuliah, namun juga gemar membangun soft skill leadership. Mengingat sejak Desember 2015 lalu, Indonesia telah menjadi bagian dari MEA. Tergabungnya Indonesia dalam program MEA, maka tenaga kerja profesional diantara negara-negara anggota ASEAN semakin terbuka. Para pekerja di Singapura, Malaysia, sampai Vietnam telah berhasil menembus pasar kerja di Indonesia. Sementara untuk pekerja di Indonesia masih kesulitan menembus pasar kerja di luar negeri.

Keadaan seperti ini tidak bisa disikapi dengan main-main. Karena, semuanya sudah semakin global dan tantangan ada dimana-mana, sehingga kehidupan ke depannya akan semakin berat. Oleh Sebab itu, UGM ingin para mahasiswa bisa menjadi seorang pemimpin di masa depan. Mereka diharapkan bisa menjadi generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan global.

Dr Paripurna, S.H, M.Hum, LL.M, Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni menjelaskan, mahasiswa diharapkan tidak hanya mendapatkan materi pelajaran, tapi juga dapat belajar keterampilan diluar pelajaran, bagaimana membangun network, mengembangkan spirit enterpreunership dan bisa bertahan menghadapi tantangan ke depan.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *