Dampak dari Smartphone Terlalu Panas

Share

Smartphone-Terlalu-Panas

Faktor-faktor yang membuat smartphone terlalu panas adalah overload di sisi hardware. Contoh, GPU yang dipaksa untuk bekerja tanpa henti, merupakan salah satu faktor yang mampu membuat smartphone menjadi terlalu panas, seperti menggunakan smartphone dengan Gear VR, jelas ini akan membuat smartphone jadi sangat panas.

Faktor lainnya adalah menggunakan aplikasi dengan metode multitasking, juga mampu menyebabkan smartphone jadi terlalu panas. Misalnya, kamu main game online, buka aplikasi Maps atau Waze, ditambah membuka aplikasi chatting, bahkan juga menggunakan widget yang berlebihan dimana itu semua menuntut konektivitas internet harus selalu on, sudah pasti smartphone akan cepat panas.

Tanda-tanda jika smartphone menjadi sangat panas seperti kecepatan prosesor akan berkurang dan kecepatan mengoperasikan smartphone juga melemah. Jika panas yang dihasilkan benar-benar sudah sangat panas, maka akan ada peringatan yang ditampilkan dan jangan gunakan smartphone dulu sampai perangkat benar-benar didinginkan.

Dalam smartphone modern sekarang ini, kamu akan melihat baterai berjenis lithium-ion. Baterai dengan jenis ini merupakan baterai isi ulang terbaik yang tersedia sekarang. tapi, jenis baterai tersebut masih memiliki dua kelemahan, yakni kualitasnya akan turun meski baterai tidak digunakan sama sekali. Keawetan baterai hanya berumur 3 tahun saja. Jenis baterai seperti ini tidaklah tahan panas. Apapun yang menyebabkan baterai panas hingga mencapai 30 derajat, hal itu akan berdampak negatif terhadap baterai lithium-ion.

Selain baterai, kerusakan yang bisa terjadi jika smartphone terlalu panas adalah pada chip. Saat smartphone mulai panas, maka SoC akan menghentikan kecepatan pada prosesor agar proses pendinginan bisa berlangsung. Tapi, jika overheat terlalu lama, dapat dipastikan itu bisa merusak fisik pada chip. Sama seperti baterai, memang kejadian chip rusak akibat panas masih langka, tetapi hal ini bisa saja terjadi ke smartphone yang menghasilkan panas luar biasa.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *