Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung Sewaktu Muda

Share

Menjaga-Kesehatan-Jantung

Menurut sebuah survey, salah satu penyebab utama kematian terbesar di dunia saat ini adalah karena penyakit jantung. Kasus kematian mendadak akibat serangan jantung semakin sering terjadi, bahkan menimpa mereka yang usianya masih tergolong muda. Beberapa cara ini mengajak kamu untuk melakukan pencegahan dini supaya jantungmu sehat terus sejak di usia muda.

1. Kontrol Berat Badan

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah berlebihnya lemak dalam tubuh. Kelebihan berat badan berarti jumlah lemak dalam tubuhmu dapat membahayakan kesehatan jantung, terutama lemak di sekitar perut. Kendalikan berat badanmu dengan selektif mengkonsumsi makanan serta berolahraga rutin untuk membakar kalori dalam tubuh.

2. Hindari Konsumsi Lemak dan Perbanyak Makanan yang Mengandung Serat

Kiat yang satu ini memang agak sulit untuk dijalani. Karena betapa banyak makanan kurang sehat yang justru lezan untuk disantap. Seperti junk food misalnya, makanan ini akan membuat kadar kolesterol di dalam darah melaju tinggi, kolesterol merupakan lemak jahat yang menjadi salah satu penyebab utama seseorang sampai menderita penyakit jantung.

3. Hindari Stress Berlebihan

Stress akan mengakibatkan hormon kortisol menjadi berlebihan. Akibatnya, pembuluh darah menjadi kaku. Jika kamu terlalu sering stress maka dampaknya tidak bagus untuk kesehatan jantung. Kamu bisa mengatasinya dengan istirahat cukup, kurangi aktivitas berlebih yang membutuhkan tenaga ekstra seperti lembur, melakukan hobi, traveling atau mengunjungi tempat wisata, dan selalu dekat dengan orang-orang yang kita sayangi.

4. Jaga Kesehatan Gigi

Kebanyakan orang tidak menyadarii bahwa permasalahan gigi dan mulut bisa jadi salah satu penyebab penyakit jantung. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut maka akan mencegah timbulnya radang arteri yang dapat mengganggu aliran darah menuju jantung dan kesehatan reproduksi.

5. Olahraga Teratur

Olahraga berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Terlebih, jika aktivitas sehari-hari mengharuskan duduk di belakang meja selama berjam-jam. Hal ini tentu dapat menyebabkan munculnya lapisan lemak berlebih di tubuh. Oleh karena itu, luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh terutama jantung.

6. Kontrol Tekanan Darah

Untuk mengontrol tekanan darah, periksalah rutin sebulan sekali atau membeli alat pengukur tekanan darah yang setiap saat dapat kamu kontrol. Kondisi normal tekanan darah sistolik (mmHg) berada di angka kurang dari (<130), artinya antara 121-129, sedangkan untuk tekanan darah diastolik (mmHg) berada di angka 81-84. Kamu perlu waspada jika tekanan darah lebih tinggi dari yang disebutkan tadi, berusahalah untuk menurunkan tekanan darah tersebut. Jika dibiarkan, akan jadi pertanda buruk dengan memungkinkan terserang penyakit jantung.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *