Cara Ini Mempengaruhi Produksi ASI

Share

Meningkatkan-Asi

Asupan ASI bagi bayi sangat penting bagi pertumbuhannya. Selain itu, ASI juga dapat memperkuat daya tahan tubuh hingga bayi tumbuh besar. Namun bagaimana jika produksi ASI kurang banyak? Produksi ASI sedikit bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena pengalaman pertama menyusui, atau faktor-faktor lain. Seperti dikutip dari Webmd, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI:

1. Menyusui Setiap Saat

Semakin sering seoranf ibu menyusui bayi, maka semakin banyak pula tubuhnya memproduksi ASI. Untuk mengatasi hal tersebut, susui bayi anda setiap ia lapar, terutama dalam beberapa minggu pertama mulai menyusui.

2. Persediaan ASI

Banyak ibu baru berpikir, bahwa mereka memiliki persediaan susu yang rendah, padahal sebenarnya tidak. Selama bayi waspada, aktif dan secara teratur pipis dan buang air besar, berarti pasokan ASI seorang ibu baik-baik saja. Namun perlu diingat, bahwa perlu beberapa hari agar ASI keluar setelah melahirkan.

3. Istirahat

Tidur yang kurang sangat berpengaruh pada produksi ASI. Sehingga para ibu perlu sekali untuk mendapatkan tidur yang cukup, hal ini ditujukan agar tubuh dapat memproduksi ASI lebih banyak.

4. Kurangi stres

Walaupun stres mungkin tidak mengurangi produksi susu, namun hal ini dapat menghambat pelepasan susu ke saluran payudara. Lebih baik, coba minta bantuan dari pasangan, keluarga teman-teman untuk membantu hal-hal lain yang dapat mengurangi rasa stres.

5. Cari dukungan

Anda bisa mencari ibu baru lainnya yang juga sedang menyusui dan bisa saling berbagi cerita satu sama lain. Jika ibu, teman atau nenek anda juga pernah menyusui, bisa bertanya dan meminta saran dari mereka.

6. Konsumsi Air Putih

Jika anda mengalami dehidrasi, sudah pasti produksi ASI pun akan berkurang. Jadi selain meminum banyak air putih, coba konsumsi makanan yang secara alami juga mengandung banyak air, seperti buah-buahan dan sayuran.

7. Memompa ASI

Jika anda memompa ASI untuk bayi, terkadang ASI hanya sedikit keluar, sehingga membuat kecewa. Tipsnya, coba lihat foto bayi anda, dengarkan suaranya, atau hirup aroma dari selimutnya, kemudian mulailah memompa, ini akan membantu ASI keluar lebih banyak.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *