Bunga Strychnos Electri Spesies Baru Berumur Jutaan Tahun

Share

strychnos-electri

Dunia ini masih banyak hal yang belum ditemukan dan diteliti, Strychnos Electri adalah spesies bunga yang diungkap peneliti Amerika Serikat, bunga ini terawetkan dalam sebuah amber berumur 15 juta tahun. Penemuan spesies bunga itu mencuat ketika ahli botani Lena Struwe dari Rutgers University menemukan bunga di dalam sepotong amber.

Amber terbentuk dari resin pohon, bukan getah. Kita bisa menganggap getah sebagai darahnya pohon yang mengalir dalam sistem pembuluh darah. Sementara, resin membentuk lapisan luar pohon. Resin menetes dan akhirnya mengeras. Bila kalian pernah menyentuh pohon cemara, tentu akan merasakan resin diseluruh kelengketan batangnya.

Bunga-bunga yang dinamakan Strychnos Electri ini ditemukan diantara sekitar 500 fosil yang terperangkap di dalam getah pohon, ditemukan pada tahun 1986 di Republik Dominika. George Poinar seorang ahli serangga yang membawa amber itu ke dalam laboratorium. Sejak perjalanan pertamanya, Poinar mempelajari spesimen serangga purba yang biasanya ditemukan dalam kepingan amber, secara mengejutkan Ia menemukan sekuntum bunga utuh didalam salah satu fosil amber.

Pada penemuan istimewa ini Poinar melibatkan Struwe,  seorang pakar genus Strychnos, untuk memastikannya. “Karakter yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi spesies Strychnos adalah morfologi bunga dan itulah yang untungnya kami miliki di fosil ini,” papar Struwe. Ia lalu melihat setiap spesimen dari spesies era Dunia Baru, memotret, mengukurnya, dan membandingkannya dengan foto yang dikirim George Poinar.

Setelah memperbandingkan spesimen itu dengan 200 spesies yang diketahui dalam genus Strychno, Struwe mengumumkan bahwa fosil itu ternyata sebuah spesies baru. Sturwe menamai bunga purba itu Strychnos electri. Menurut Struwe, spesies-spesies baru ini akan memungkinkan peneliti untuk memahami lebih dalam bagaimana tanaman berevolusi di Karibia dan Dunia Baru.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *