Bukan Hanya Indah, Bunga Ini Bisa Dimakan

Share

Banyak kebudayaan menggunakan bunga dalam masakan tradisionalnya, ditambah dengan gula, digoreng, dijadikan acar atau dibubuhkan pada selada atau sup. Dalam kultur seperti ini bunga adalah tambahan aroma dan sumber warna cantik. Mawar, Lonceng, Daisy dan Nasturtiums tidak hanya cantik, mereka juga bisa dimakan. Bunga-bunga tersebut memberikan hidangan selada, makanan penutup, sirup dan teh rasa spesial. Simak ulasannya dibawah ini:

1. Nasturtium

Bunga-Nasturtium

Bunga merambat yang enak ini adalah Nasturtium dengan rasa seperti lada berwarna-warni dan menambah rasa bagi makanan apapun. Sebenarnya, seluruh bagian tanaman yang berada di atas permukaan tanah bisa dimakan. Kuncup bunga bisa dijadikan acar dan digunakan sebagai penyedap rasa.

2. Sambucus

Bunga-Sambucus

Bunga pohon Elder (Sambucus) yang wangi bisa digunakan untuk teh, minuman beralkohol, sirup, jeli dan cuka. Ada juga menu makanan Bunga Elder Goreng.

3. Mawar Merah

Mawar-Merah

Mawar tentu sangat indah untuk hiasan di vas. Tapi, kelopak mawar bermanfaat menjadikan masakan tambah sedap, terutama kue dan makanan penutup. Di Timur Tengah, kelopak bunga didistilasi menjadi air mawar untuk menjadikan rasa dan aroma tambah tajam.

4. Lonceng

Bunga-Lonceng

Bunga Lonceng yang ditaburi gula mempercantik kue dan makanan penutup. Diantara bunga yang bisa dimakan, ini salah satu yang terkenal. Kelopaknya punya rasa yang khas dan bisa menambah aroma pada selada dan sup.

5. Daisy

Bunga-Daisy

Daisy sering dianggap sebagai bunga liar. Di Inggris dan sejumlah negara Eropa lain, bunga ini menghias padang rumput. Anak-anak banyak memetik Daisy dan dijadikan kalung atau rantai. Bunga-bunga kecil ini bisa dicampur dalam selada dan sandwich.

6. Taraxacum Officinale

Taraxacum-Officinale

Tanaman Jombang (Taraxacum Officinale) adalah tumbuhan liar yang pasti dibuang oleh sebagian besar tukang kebun. Tapi tumbuhan ini banyak manfaatnya, selain itu seluruh bagiannya bisa dimakan. Bunga yang masih muda enak jika digoreng dengan mentega. Dalam sup dan selada, bunga ini mempercantik hidangan dan rasa. Bunga ini juga menambah rasa anggur dan jeli jadi lebih nikmat.

7. Calendula

Bunga-Calendula

Bunga ini juga disebut “safron orang miskin.” Leluhur kita menggunakan kelopak bunga ini untuk sup, kuah dan mentega. Bunga berwarna kuning terang dan oranye ini juga digunakan untuk pengobatan.

8. Pansy

Bunga-Pansy

Pansy (Viola Wittrockiana) adalah bunga yang banyak ditemukan di Eropa pada musim panas. Di Jerman, bunga ini disebut Stiefmutter yang artinya ibu tiri. Bunga yang berasa manis ini adalah tambahan warna pada kue, selada dan sup.

 

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *