Biaya S2 di Negara Eropa Lebih Murah dari Indonesia

Share

Kuliah-Di-Eropa

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah mimpi bagi banyak orang. Sayangnya, mimpi untuk melanjutkan studi ke jenjang master ini sering kali terbenturl oleh faktor biaya. Mau daftar S2 di kampus negeri, banyak saingannya. Sementara itu daftar S2 di kampus swasta biayanya sangat mahal.

Kalau keadaan sudah seperti ini, sebaiknya kamu sering-sering mencacri informasi seputar kuliah di Eropa. Mungkin kamu belum tahu, ternyata beberapa negara di Eropa membandrol biaya S2 yang relatif terjangkau. Mau tahu di Negara mana saja itu? Simak list dibawah ini:

1. Belgia

Belgia terdiri dari 3 wilayah yang berbeda. Wilayah Flanders adalah wilayah di Belgia Utara yang berbahasa Belanda. Sementara itu Wallonia adalah bagian dari Belgia yang penduduknya berbahasa Perancis dan wilayah Belgia lainnya berbahasa Jerman.

Jika memilih kuliah di wilayah Flanders, banyak dari penduduk wilayah tersebut bisa berbahasa Inggris. Tak hanya itu, banyak juga kampus di wilayah ini yang menawarkan perkuliahan master dalam bahasa Inggris. Soal harga, kuliah di Belgia secara umum cukup murah, berkisar Rp. 8 juta-Rp. 21 juta.

Salah satu kampus yang bisa jadi tujuan kuliah di wilayah Flanders adalah KU Leuven (The Katholieke Universiteit Leuven), sebuah kampus tertua dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Sebagai pembandingnya, kalau kamu mengambil jurusan master di bidang Linguistik, kamu diharuskan membayar sekitar Rp. 12 juta per tahun.

2. Austria

Austria mungkin belum seperti Inggris atau Amerika dalam popularitasnya dibidang pendidikan. Tapi soal kualitas, jangan ragu. Banyak kampus berkualitas di negara ini. Salah satu kampus yang terkenal adalah University of Vienna, di kampus ini kamu bisa mengikuti perkuliahan S2 dengan membayar sekitar Rp. 5 juta per semester. Biaya itu sudah termasuk iuran kemahasiswaan.

3. Jerman

Jerman adalah tujuan belajar yang paling banyak diminati oleh pelajar dari Indonesia. Beberapa kampus di Jerman menetapkan biaya kuliah S2 yang berbeda-beda tiap negara bagian. Semakin jauh dari pusat kota, biaya kuliahnya lebih murah. Ada juga yang gratis, kamu hanya perlu membayar uang iuran per semester. Sebagai contoh, di negara bagian Bayern misalnya, kamu diharuskan untuk membayar sekitar Rp. 7 juta per semester.

4. Perancis

Pemerintah Perancis menyalurkan subsidi kepada setiap mahasiswa domestik atau internasional sekitar Rp. 140 juta per tahun. Kalau kamu berniat untuk melanjutkan master di Perancis, cukup membayar mulai dari Rp. 3 juta sampai Rp. 5 juta per semester. Sebagai gambaran, kampus nomor 1 di Perancis, yakni Paris-Sorbonne University membebankan biaya kuliah master sekitar Rp. 3 juta sampai Rp. 6 juta per semester.

5. Italia

Italia juga tergolong negara Eropa yang murah biaya kuliah masternya. Salah satu kampus dengan biaya S2 yang cukup murah adalah Universita Della Calabria yang terletak di Selatan Italia. Untuk menempuh jenjang S2 di kampus ini, kamu cukup membayar sebesar Rp 9 juta per tahun.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *