Berpendidikan Tinggi Bukan Penentu Kesuksesan

Share

Suskes-Tanpa-Sekolah

Cobalah melihat penumpang berdesakan di dalam commuter line, pada jam berangkat dan pulang kantor, kira-kira seperti itulah hidup kita. Commuter line ibarat negeri ini dan penumpangnya adalah kita-kita yang berdesakan dalam mencari sesuap nasi. Berdesakan dan berebut. Kita mungkin tak menyadari hal itu. Walaupun sebenarnya setiap saat kita bersaing dengan ribuan orang yang juga memiliki tujuan sama.

Ada banyak orang yang merasa cemas dalam mencari nafkah, karena pendidikannya tidak setinggi yang lain. Ketika tiba saat dia harus belajar di kampus, saat itu pula dia harus mengalah pada keadaan. Mereka memikirkan adik-adiknya lebih membutuhkan uang. Meskipun sama-sama untuk biaya pendidikan, orang-orang tersebut harus berbesar hati mengikhlaskan kesempatan itu diberikan untuk adiknya.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang ini merasa hidupnya tidak pernah normal. Di banyak tempat, kegigihan dan ketekunan saja tidak cukup, bila tidak dilengkapi dengan gelar akademik yang meyakinkan. Akibatnya, harus melewatkan banyak kesempatan. Menyadari bahwa hidupnya tidak sama dengan yang lain, mengubah haluan dan mencari strategi lain.

Kalau Bob Sadino saja bisa menjadi orang sukses meskipun tidak berpendidikan tinggi, mengapa mereka tidak? Semua orang akan tercengang, disaat yang lain terus menerus terpuruk menyesali nasib yang tidak memiliki biaya untuk melanjutkan studi, mereka tidak. Tapi mereka terus mencari cara agar hidupnya bisa normal, terus gigih berjuang agar bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Ini satu pelajaran yang bisa dipetik. Nasib bisa berubah, asalkan diperjuangkan dengan gigih. Bukan gelar akademik yang menentukan kita bisa hidup bahagia atau tidak, namun ketekunanlah yang berperan besar. Hidup bukan seperti berdesakan di commuter line yang sempit. Karena segala sesuatunya bisa jauh lebih longgar daripada yang kita bayangkan. Kita harus berusaha.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *