Beli Rumah Atau Bangun Rumah? Berikut Keuntungan Dan Kerugiannya

Share

Beli-Atau-Bangun-Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat. Karenanya, memiliki rumah sendiri adalah impian bagi banyak orang. Tapi, untuk memiliki rumah bukanlah hal yang mudah. Selain keuangan, masalah dalam membeli rumah juga datang dari aspek teknis. Semisal lebih untung mana membeli jadi atau harus membangun sendiri?

Membeli rumah adalah salah satu keputusan terbesar. Satu kesalahan kecil saja bisa membuat kita rugi besar. Bagi kamu yang masih bingung cara mana yang paling menguntungkan untuk dilakukan, berikut referensi yang akan menganalisa untung rugi kedua pilihan ini.

Salah satu kelebihan dari membangun rumah sendiri adalah kita bisa membuat desain rumah sesuka hati, sesuai dengan kesiapan dana yang dimiliki. Tentu sangat berbeda jika kita membeli rumah dari developer, dimana bentuk atau desainnya telah ditentukan oleh pihak pengembang.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah proses pengerjaan untuk membangun sebuah rumah sangat memakan waktu. Kamu harus mengeluarkan waktu minimal 14 bulan hingga rumah selesai dibangun sesuai dengan yang diharapkan. Dalam proses pembangunan akan menguras dana. Selain itu, kamu pun harus benar-benar pintar untuk mengelola dana dalam membangun rumah. Jangan sampai nanti dana yang dimiliki habis saat proses pembangunan masih berlangsung.

Sementara itu, kelebihan memiliki rumah dengan cara membelinya adalah kepraktisan dan kenyamanan. Dengan membeli rumah, tidak perlu lagi repot-repot memikirkan cara dan prosedur membangun rumah. Apalagi kini proses pencarian rumah bisa lebih mudah dengan adanya internet.

Tetapi, membeli rumah siap huni juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah desain rumah yang tidak sesuai dengan keinginan. Kalau sudah seperti ini, maka kamu harus mengeluarkan biaya khusus untuk merenovasi atau memperbaiki rumah.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *