Beladiri Indonesia Dipakai Pasukan Elit Perancis

Share
Pasukan-Elit-Perancis
Anak muda sekarang mungkin banyak yang lebih mengenal bela diri asli Indonesia, Pencak Silat, melalui film Merantau dan The Raid yang dibintangi oleh pesilat Iko Uwais dan lainnya. Melalui film ini Silat dibawa ke level yang lebih tinggi, dikemas lebih apik dan mendapat sentuhan modern. Kesukses ini membuat Silat semakin dikenal luas baik didalam maupun mancanegara. Tapi jauh sebelum itu, ternyata banyak para guru silat yang berusaha mengenalkan silat ke dunia luar, salah satunya adalah guru yang pada akhirnya melahirkan pesilat terkenal di Eropa yakni Franck Ropers dan Charles Joussot.
Ya, jika kalian membuka situs youtube dan mencari kata kunci pencak silat tentu mereka berdua akan banyak menghiasi laman situs berbagi video tersebut. Siapa sangka, pasukan khusus anti teror di Prancis seperti RAID (Recherche, Assistance, Intervention, Dissuasion) dan GIGN (Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale) memasukan pencak silat sebagai salah satu ilmu bela diri mereka.
Jika ditelisik lebih jauh, ternyata metode Pencak silat yang mereka terapkan bukan lagi sebagaimana layaknya Pencak Silat pada umumnya. Kembang-kembangan dan gerakan-gerakan yang dianggap tidak perlu sudah dibuang. Sehingga yang dipakai adalah Jurus-jurus yang langsung menyerang ke arah titik vital manusia, seperti leher, wajah, ulu hati, kemaluan serta mengeksploitasi habis-habisan titik lemah lawan mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut. Disana juga diajarkan teknik silat melawan dan mengeliminasi beladiri ground fighting seperti jiu jit su, gulat dan judo, serta bagaimana melumpuhkan lawan secepat mungkin.
Sang Instruktur bernama Eric Godart itu bercerita bahwa dia menimba ilmu Pencak silat dari sebuah perguruan atau akademi beladiri yang didirikan oleh Frank Ropers, seorang grand master pencak silat aliran Setia Hati Terate yang sangat terkenal tidak hanya di Perancis namun juga dibeberapa negara Eropa barat dan Eropa Timur. Dari Eric Godart pula info bahwa Pencak Silat kini tidak hanya diterapkan di GIGN, namun juga beberapa unit militer lainnya di Perancis seperti Legiun Asing, Marinier dan resimen 501 lapis baja. Bahkan di Akademi Militer kerajaan Belgia.
Charles tertarik pada dunia silat setelah melihat seorang guru silat disebuah artikel pada majalah Karate. Pada tahun 1984 ia membuka klub pertamanya rue de Dunkerque. Lalu pada tahun 1987 menutup klubnya karena terlalu kecil, kemudian membuka klub yang lebih besar yang terletak di rue de l’Ourcq di Paris 19, namun pada bulan Oktober 1998 dia menutupnya lagi dan pergi ke Amerika Serikat untuk melanjutkan menyebarkan seni Pencak Silat.

Save

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *