Bau Mulut Dan Artinya Bagi Kesehatan Kita

Share

arti-bau-mulut

Pasti kamu pernah bertanya-tanya, padahal sudah menggosok gigi, kumur cairan antiseptik dan membersihkan sela gigi dengan benang khusus, tapi bau mulut tetap muncul? Mungkin masalahnya bukan di mulut. Bisa jadi ada masalah kesehatan pada tubuh. Silakan amati beberapa kemungkinan ini.

Jika bau mulut seperti bau kamper mungkin kamu menderita alergi, sindrom sinubronchial atau juga infeksi sinusitis. Bila kamu menderita masalah sinusitis yang kronis, bakteri didalam mulut bisa mengubah protein dalam lendir menjadi senyawa yang disebut skatole, inilah yang menyebabkan bau.

Bau mulut kamu seperti buah-buahan? Jangan senang dulu, mungkin ini tanda seseorang menderita diabetes. Gula dalam darah biasanya digunakan sel-sel untuk memproduksi energi. Jika proses itu tidak terjadi, gula darah naik dan sel-sel membakar lemak untuk memproduksi energi. Dari pembakaran dihasilkan keton yang membuat nafas berbau seperti buah-buahan.

Mungkin kamu menderita intoleransi laktosa jika bau mulut seperti susu basi. MenurutĀ Harold Katz D.D.S, dokter gigi dan pakar bakteri, bau tersebut bisa jadi indikasi, protein dalam susu tidak terolah baik dalam tubuh. Tentu saja, intoleransi laktosa menyebabkan beberapa hal lain, seperti diare, keram perut dan pembentukan banyak gas dalam perut.

Bila kamu menderita radang pada batu amandel atau Detritus, bakteri dan hal lain bisa tersangkut pada amandel, dan bisa dilihat jelas. Hal ini bisa ditandai dengan bau mulut seperti popok yang sudah digunakan. Jangan khawatir, dokter kemungkinan bisa mengangkat partikel penyebab bau busuk tersebut.

Bau busuk yang jauh lebih buruk daripada sekedar bau mulut biasa, bisa jadi pertanda masalah paru-paru, mulai dari paru-paru basah sampai kanker. Kalau kamu merasa gangguan pada paru-paru, sebaiknya pergi ke dokter untuk pemeriksaan menyeluruh.

Bau mulut seperti nafas orang mati, istilah ilmiahnya fetor hepaticus. Pasien dengan bau nafas seperti ini kemungkinan menderita sakit liver. Bau tersebut biasa muncul sebelum indikasi-indikasi lain yang lebih jelas menunjukkan sakit liver bisa ditemukan. Pada sejumlah pasien, bau ini baru muncul jika sakit sudah agak parah.

Bau tak sedap dari mulut bisa jadi indikasi gangguan ginjal. Sebuah penelitian berspekulasi, hal itu berasal dari perubahan metabolisme yang menyebabkan mulut tidak bisa memproduksi cukup banyak air liur, sehingga mulut terlalu kering. Disamping bau tidak enak, bisa menyebabkan pasien merasakan perubahan rasa makanan dan minuman yang disantap.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *