Bahaya, Ada Kutu Pada Baju Baru Kamu

Share

Baju-Baru-Ada-Kutu

Tidak sedikit orang langsung menggunakan baju yang baru saja dibeli, tapi pada dasarnya hal ini tidak baik untuk dilakukan. Ada baiknya ebelum mengenakan baju baru tersebut, baju dicuci terlebih dahulu. Karena, banyak pakar yang mengatakan bahwa penggunakan bahan kimia beracun dalam pengolahan baju, menimbulkan alergi dan dampak negatif lain, terutama pada kulit.

Seorang pakar manufaktur busana dan pengajar di Garment Industri 411, Lana Hogue mengungkapkan bahwa baju baru wajib dicuci sebelum dikenakan. Segala hal yang kontak langsung dengan kulit dan bisa terpapar keringat, harus dibersihkan dan dicuci dulu sebelum digunakan, meski baju tersebut tidak terpapar bakteri, tetapi bahan kimia yang digunakan untuk membuat baju bisa membahayakan diri sendiri.

Belum lagi, setiap benang dan kain celup membutuhkan bahan kimia dalam proses pembuatan rok dan kemeja dan bahan kimia tersebut bisa berimbas buruk terhadap kecantikan kulit, beberapa diantaranya adalah ruam merah, gatal-gatal, kulit radang dan panu. Sebagian besar bahan kimia yang digunakan dalam pewarnaan atau pencelupan kain, lalu diakhiri dengan penjahitan benang yang diproses dengan peralatan berputar bisa meninggalkan bahan kimia yang renta melukai kulit.

Proses pembuatan tekstil pasti melibatkan banyak bahan kimia, umumnya tekstil yang dibuat pada lingkungan komersial menciptakan hasil tekstil yang telah terekspos dengan pelembab. Lebih lanjut, untuk mencegah tumbuhnya jamur, bahan kain pun disemprotkan dengan anti-jamur dan cairan kimia yang bertujuan membuat kain tidak licin ketika dijahit.

Sementara Donald Belsito, seorang profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, New York, AS, Pernah menyatakan pada The Wall Street Journal bahwa proses pembuatan baju memang rentan terekspos bakteri, mulai dari pabrik, fase penjahitan, hingga sampai di kamar ganti. Kutu, bakteri dan jamur merupakan sumber penyakit kulit yang bisa ditemukan pada baju baru. Belisto sering mendapatkan pasien yang memiliki kutu, hal itu didapat dari pertukaran baju baru di ruang ganti. Ia juga menjelaskan, ada sejumlah virus menular yang berpeluang berpindah-pindah dari baju baru.

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *